3 Amalan yang Dianjurkan Pada Malam Tahun Baru


Amalan yang dianjurkan pada malam tahun baru ada beberapa jenis. Diantaranya 3 amalan malam tahun baru ini. Secara umum, 3 amalan malam tahun baru ini tidak jauh berbeda dengan amalan di malam lain, hanya lebih banyak dilakukan karena adanya momentum.





Muhasabah


Amalan malam tahun baru yang pertama adalah muhasabah. Masyarakat lebih mengenalnya dengan evaluasi diri. Terkait muhasabah ini, Al-Qur'an dan hadits Nabi banyak menganjurkannya. Sahabat mulia Umar bin Khaththab juga memiliki ungkapan yang terkenal tentang keutamaan muhasabah ini.

Menurut Umar, umat manusia dianjurkan untuk menghitung amalan diri sebelum kelak dimintai pertanggungjawaban di akhirat. Karenanya, muhasabah ini penting diamalkan di malam tahun baru dan setiap malam lainnya, agar manusia berhati-hati dalam setiap ucapan dan tindakan.

Muhasabah sebagai amalan malam tahun baru memiliki dua dimensi besar. Pertama untuk melihat keberhasilan masa lalu dan mempertahankan dan meneliti kegagalan masa lampau agar tidak terulang.

Dimensi kedua, muhasabah sebagai amalan malam tahun baru penting untuk merencanakan masa depan. Bahwa manusia yang beruntung ialah yang esok jauh lebih baik dari hari ini.

Bermaaf-Maafan


Maafkanlah kesalahan orang lain atau anggota keluarga. Memaafkan merupakan amalan malam tahun baru yang utama. Dengan memberikan maaf, hati akan terasa lapang, pikiran menjadi jernih, dan badan pun terasa makin sehat.




Bermaaf-maafan juga menjadi amalan penting dalam Islam. Karena memang, tidak ada manusia yang sempurna. Memberi maaf merupakan wujud dari kebesaran jiwa seseorang. Sebaliknya, para pendendam hanya mendapatkan kerugian, baik secara ruhani, psikis, maupun fisik.

Memaafkan pada malam tahun baru dan waktu-waktu lainnya bisa dilakukan saat keluarga berkumpul atau melalui berbagai sarana teknologi yang makin canggih.

Perbanyak Dzikir


Amalan malam tahun baru yang terakhir ialah berdzikir. Bisa dikatakan, dzikir merupakan amalan malam tahun baru yang paling mudah dan bisa dilakukan sebanyak-banyaknya.

Dzikir pada malam tahun baru dan malam-malam lainnya bisa dilakukan di rumah bersama keluarga, di perjalanan menuju kampung atau untuk urusan apa pun, atau di masjid-masjid secara individu maupun berjamaah.

Dzikir juga bisa menjadi sarana efektif untuk menjernihkan ruhani, menajamkan wawasan, dan menyehatkan badan. Dzikir sebagai amalan malam tahun baru juga menjadi wahana bagi lahirnya berbagai kesuksesan hidup di dunia sampai akhirat.

Menariknya, 3 amalan malam tahun baru ini tidak terbatas. Tiga amalan malam tahun baru ini bisa juga dilakukan di malam-malam, hari-hari, dan waktu-waktu lainnya. [Mbah Pirman/Tarbawia]



Diberdayakan oleh Blogger.