Jawaban Cerdas Karni Ilyas Soal Jumlah Peserta Reuni 212



Reuni 212 dan maulid akbar Nabi Muhammad SAW di Monas Jakarta pada Sabtu (2/12/17) menyisakan perdebatan. Salah satu perdebatan yang paling menonjol adalah tentang jumlah hadirin.





Dengan nada bercanda dan dikutip oleh banyak media, panitia reuni 212 menyatakan jumlah yang hadir sekitar 7,5 juta jiwa. Candaan itu dilanjutkan dengan ungkapan, jika tak percaya hitung sendiri.

Rupanya, candaan itu dijadikan celah oleh kelompok yang kontra dengan reuni 212. Menurutnya, hal itu hanyalah klaim.

Sayangnya, pihak kontra reuni 212 juga tidak bisa menunjukkan jumlah yang pasti. Bahkan sebagian mereka hanya berasumsi bahwa jumlah hadirin reuni 212 hanya ribuan. Paling besar puluhan ribu, menurut mereka.

Jika demikian, berapa sebenarnya jumlah yang hadir dalam reuni 212? Ternyata, Presiden ILC Karni Ilyas mampu menerangkan dengan bijak dan cerdas.





"Menyemut." kata Karni dalam ILC Perlukan 212 pada Selasa (5/12/17) malam.

Bukan tanpa alasan, Karni menggunakan kata menyemut karena banyaknya jumlah hadirin. Ia juga menyatakan, seluruh suduh Monumen Nasional (Monas) terisi. Bahkan jumlahnya meluber hingga ke ruas jalan di sekitar Monas.

Dalam ILC Perlukan Reuni 212, sejumlah nara sumber dihadirkan. Dari kubu islamis hadir Ustadz M Al-Khaththat, Ustadz Felix Siauw, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.

Sedangkan dari kubu kontra reuni 212 diwakili oleh Azumardi Azra, Denny Siregar, Abu Janda, dan Denny Siregar. [Mbah Pirman/Tarbawia]



Diberdayakan oleh Blogger.