Hutang dan Cara Jitu Melunasinya

Hutang
Hutang

Hutang merupakan salah satu beban/masalah yang dialami oleh sebagian besar manusia di akhir zaman ini. Hutang bahkan menjadi hal biasa bagi mereka yang bergaji, baik sebagai pegawai negeri maupun swasta.





Hutang menjadi momok dan masalah krusial jika tak kunjung dilunasi. Mirisnya, ada fenomena di sebagian besar umat manusia yang suka berhutang tetapi malas bahkan lupa melunasi.

Hutang bukan hanya urusan dunia. Hutang akan terus diperhitungkan sampai seseorang meninggal dunia. Hutang, dengan kata lain, merupakan salah satu faktor yang mencelakakan jika tidak disikapi dengan baik.

Apakah Anda termasuk yang memiliki hutang? Sebanyak apakah hutang yang Anda miliki? Upaya apa yang Anda tempuh untuk melunasi tetapi hutang justru kian menumpuk?

Kabar baiknya, Habib Novel bin Muhammad Alaydrus membagikan dua kiat aplikatif agar hutang Anda cepat lunas. Amalkan sungguh-sungguh, semoga hutang Anda lekas lunas. Segera!

Niat Bayar Saat Hutang


Habib Novel bin Muhammad Alaydrus menyampaikan nasihat, hal pertama yang harus dilakukan oleh seseorang yang berhutang adalah niat untuk membayar hutang. Hutang harus dibayar. Jangan sekali-sekali berniat tidak membayar hutang.





Saat terpaksa berhutang, niatkan dengan sungguh-sungguh untuk segera melunasi hutang ketika memiliki uang. Jika niat ini tak ada, hutang akan lama terlunasi. 

"Niatnya harus benar, segera membayar hutang seketika ada rezeki." kata Habib Novel.

Niat membayar hutang ini merupakan spirit dari sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad bin Hanbal.

"Barang siapa berhutang dan Allah mengetahui bahwa dia mau membayar hutang tersebut, maka Allah akan melunaskan hutang-hutangnya." 

Niatkan membayar hutang. Sungguh-sungguhlah mengupayakannya. Jika niat membayar hutang sudah bulat, Allah akan memudahkan hamba-Nya untuk melunasi hutang.

Dalam hadits versi lain bahkan disebutkan, "Allah akan melunasi hutangnya di dunia ini." lanjut Habib Novel menerangkan, mengutip sebuah hadits.

Jika niat membayar hutang sudah bulat, Allah akan memberi rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka hingga seseorang segera melunasi hutang. 





Doa Lunas Hutang


Hutang bisa lunas jika seseorang berusaha diiringi doa. Doa lunas hutang diajarkan langsung oleh Nabi Muhammad. Doa lunas hutang ini sangat manjur. Doa lunas hutang ini harus diamalkan secara istiqamah oleh seorang Muslim.

"Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam telah mengajarkan doa yang luar biasa agar hutang kita ini lunas." kata Habib Novel bin Muhammad Alaydrus mengajarkan.

Jika doa yang diriwayatkan dari sahabat Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu 'anhu ini diamalkan, "Seandainya seseorang mempunyai hutang sebesar gunung Shobir, maka hutangnya akan dilunasi oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Seperti apakah doa lunas hutang yang diajarkan oleh Nabi Muhamamad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam tersebut?

Allahummak finii bihalalika 'anharamik wa-aghninii bifadhlika 'amman siwaak (Ya Allah cukupilah aku dengan rezeki-Mu yang halal (hingga aku terhindar) dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu (hingga aku tidak meminta) kepada selain-Mu). [Hr Imam Hakim, Imam Ahmad, dan Imam Tirmidzi)

Habib Novel menambahkan, "Amalkan doa ini setiap hari khususnya setelah shalat lima waktu. Istiqamah. Seumur hidup. Insya Allah hutang-hutang kita mudah lunas." [Mbah Pirman/Tarbawia]




Diberdayakan oleh Blogger.