Calon dan Dana Tersedia Tapi Ragu Menikah? Begini Saran Jitu Ust Somad



Ketika berceramah di Masjid Baiturrahman Banda Aceh, Ustadz Abdul Somad Lc MA mendapat pertanyaan dari seorang jamaah yang ragu untuk menikah, padahal calonnya sudah ada, biaya pernikahan pun sudah tersedia.





Menurut Ustadz Somad, keraguan untuk menikah berasal dari bisikan dan godaan setan.

"Asy-syaithanu ya-'idukumul faqro wa ya'murukum bil fahsya' (Setan membisikan kepada manusia kekurangan dan menyuruh kamu berbuat keji)." kata Ustadz Somad menjelaskan.

Setan membisiki umat manusia agar ragu-ragu untuk berbuat baik dan bersemangat melakukan keburukan serta tindakan keji.

Ketika seorang laki-laki memutuskan untuk melakukan ta'aruf, kemudian melangkah menuju khitbah sampai menikah, setan terus menerus berbisik agar si laki-laki ragu. Begitu pun bisikan yang diembuskan kepada pihak wanita.

"Kata setan, 'Dia kurang cantik. Kurang tinggi. Kurang putih.'" kata Ustadz Somad menerangkan.




Disebabkan bisikan setan itulah, keraguan menyeruak ke dalam hati calon pengantin laki-laki dan perempuan. 

"Akhirnya kau pun bimbang, galau." katanya.

Cara Obati Keraguan untuk Menikah


Untuk menepis keraguan yang ditimbulkan dari bisikan setan saat akan melakukan ta'aruf, khitbah, dan menikah, seorang hamba harus mendekatkan diri kepada Allah Ta'ala.

"Untuk mengobati itu semua," kata Ustadz Somad, "maka kau mesti kuat hati, banyak-banyak ibadah. Sudah. Cukup." pungkasnya.

Menurut Ustadz Somad, seseorang tidak akan memiliki kawan jika yang dicari adalah kesempurnaan. Begitu pula dalam pernikahan. Tak ada laki-laki atau wanita yang sempurna. [Mbah Pirman/Tarbawia]




Diberdayakan oleh Blogger.