Jarang Disadari, Ustadz Somad Beberkan Ciri Ponsel Azab

Hand Phone (ilustrasi-cpr)


Meski berasal dari merek, dan spesifikasi yang sama, hand phone seseorang bisa memiliki fungsi yang berbeda, sebagai nikmat atau laknat dari Allah Ta'ala.





Materi inilah yang disampaikan oleh Ustadz Abdul Somad Lc MA saat berceramah di Masjid Al-Musyafirin Bandara Sulthan Syarif Qasim Riau pada Selasa (27/3/18) lalu.

"Apakah dia (hand phone) merupakan nikmat atau azab? Tergantung." kata Ustadz Abdul Somad menjelaskan.

Dengan cara pandang islami, hand phone yang digunakan di jalan kebaikan merupakan nikmat dari Allah dan akan semakin menambah karunia-Nya.

"Kalau dengan hand phone itu kau beribadah, maka hand phone itu merupakan nikmat." kata Ustadz Somad menjelaskan.

Penggunaan hand phone untuk merekam ceramah, lanjut Ustadz Somad, juga merupakan ibadah. "HP bapak itu (merupakan) nikmat karena digunakan untuk merekam ceramah." katanya.




Sebaliknya, menurut penjelasan Ustadz Somad, jika hand phone digunakan secara berlebihan hingga membuat yang memiliki lupa dari mengingat Allah, maka hand phone tersebut termasuk azab (siksa Allah).

"Tapi kalau dengan HP itu kau lupa Allah, laknat." tegasnya.

Termasuk penggunaan HP untuk banyak hal-hal sia-sia dan sibuk dengan game online, kata Ustadz Somad, juga menjadikan HP sebagai laknat, bukan nikmat.

"Kalau HP itu digunakan untuk asyik bermain, sampai jempol besar sebelah, itu HP azab itu." tandasnya.

Karenanya, dai asal Pekanbaru Riau ini mengajak umat Islam untuk menjadikan HP sebagai salah satu nikmat Allah. "Ubahlah HP itu menjadi nikmat." tutupnya. [Tarbawia]



Diberdayakan oleh Blogger.