Rajin Ibadah Tapi Seret Jodoh, Begini Nasihat Bijak Ustadz Abdul Somad

Rajin Ibadah Tapi Seret Jodoh (ilustrasi-dream)


Tarbawia - Dai nasional lulusan Universitas Al-Azhar Kairo Mesir, Ustadz Abdul Somad Lc MA menyampaikan nasihat yang bijak kepada seorang jamaah yang belum mendapatkan jodoh, padahal sepanjang hidupnya senantiasa melakukan ibadah.





Kepada penanya tanpa nama ini, dai asal Pekanbaru, Riau ini memberikan nasihat agar senantiasa istiqamah berpikir, berucap, dan melakukan berbagai amal shalih.

"Pikir (yang) baik, ucap (yang) baik, amal (yang) baik. Insya Allah, Allah kasih kebaikan." kata Ustadz Abdul Somad saat mengisi ceramah di Masjid An-Nuur Jagalan Malang Jawa Timur pada Jum'at (23/3/18) malam.

Namun jika sudah melakukan berbagai amalan yang baik tetapi jodoh tetap belum dihadirkan, maka hal itu merupakan salah satu ujian dari Allah Ta'ala.

"Jika pikiran, ucapan, dan perbuatan sudah baik tetapi belum dikasih balasan yang baik, berarti hal itu merupakan ujian." katanya menyampaikan nasihat.

Ketika diuji seperti itu, lanjut Ustadz Somad, seorang hamba harus senantiasa bersabar. "Kita harus sabar." katanya.




Ketika Allah menguji, kata Ustadz Somad, pasti ada hikmah di dalamnya. Saat jodoh belum diberikan, menurutnya, bisa jadi karena Allah menginginkan agar seorang hamba mendapatkan jodoh yang terbaik.

"Boleh jadi Allah ingin kita memperbaiki orang yang belum baik (jika mendapatkan jodoh yang tidak baik). Atau boleh jadi juga, Allah akan berikan yang lebih baik dari itu." tegasnya.

Karenanya, katanya melanjutkan, seorang hamba harus berbaik sangka kepada Allah dengan terus melakukan berbagai amal shalih. Pasti ada waktunya ketika seorang hamba dipertemukan dengan jodoh yang baik sesuai Kuasa-Nya.

"Harus senantiasa khusnuzhan kepada Allah. Pikir, ucap, dan amalkan yang baik. Jadilah hamba Allah. Insya Allah ada saatnya, Allah akan mempertemukan engkau dengan perempuan (jodoh) yang baik-baik. Aamiin." pungkasnya. [Tarbawia]






Diberdayakan oleh Blogger.