Sering Diremehkan, Begini Pandangan Ustadz Somad Soal Cleaning Service dan Office Boy

Cleaning Service (ilutrasi-JSC)

Ustadz Abdul Somad Lc MA mengajak umat manusia menghormati semua profesi, termasuk pekerjaan sebagai cleaning service dan office boy





Menurut lulusan Universitas Al-Azhar Kairo Mesir ini, bekerja sebagai cleaning service maupun office boy merupakan ibadah.

"Cleaning service, office boy; bernilai ibadah." kata Ustadz Abdul Somad saat berceramah di Masjid Al-Musyafirin Bandara Sulthan Syarif Qasim Riau pada Selasa (27/3/18).

Karena merupakan ibadah, hendaknya tidak ada sikap saling meremehkan hanya karena profesi tersebut dianggap rendahan atau tidak bergengsi.

"Makanya jangan sepelakan mereka." lanjutnya, disambut sorak bahagia dari sekelompok jamaah yang diduga berprofesi sebagai cleaning services dan office boy.

Agar tidak meremehkan, kata Ustadz Somad, hendaknya umat manusia jangan melihat profesi, tetapi lihatlah mereka sebagai sesama hamba Allah Ta'ala.




"Jangan pandang pekerjaan mereka, tapi pandanglah mereka sebagai hamba Allah." terangnya.

Cara memandang inilah yang kelak membuat seseorang tidak mudah meremehkan hanya karena asesoris duniawi atau yang terlihat saja. "Oleh sebab itu, inilah cara kita memandang orang." tandasnya.

Dalam tabligh akbar bertajuk 'Bekerja adalah Ibadah' tersebut, Ustadz Somad menyampaikan pentingnya niat dalam bekerja, sehingga pekerjaan yang terlihat bukan seperti ibadah menjadi bernilai ibadah.

Seperti kesungguhan dalam melayani penumpang di bandara, profesionalisme para pekerja publik, bahkan para pilot dan pramugari sekali pun; semuanya bernilai ibadah ketika diniatkan untuk mengabdi kepada Allah Ta'ala. 

Bahkan makan, minum, ke kamar mandi, menikah, memperlakukan pasangan dengan baik, bekerja sebagai angkatan darat, laut, maupun udara, kata Ustadz Somad, semuanya termasuk ibadah. [Tarbawia]



Diberdayakan oleh Blogger.