Lihat Foto Ini, Saya Teringat 4 Sahabat Nabi


Oleh: Abrar Rifai, Malang

Ada empat orang pemuda yang disebut Arba'u Abadilah. Yakni empat putra sahabat yang  bernama Abdullah, dari total 220 lainnya dengan nama yang sama. Mereka adalah Abdullah bin Abbas, Abdullah bin Umar, Abdullah bin Zubair dan Abdullah bin Amr radhiyallahu 'anhum.





Empat Abdullah di atas masing-masing mempunyai keistimewaan yang menjadi teladan ummat. Abdullah bin Abbas adalah sepupu Rasulullah SAW yang menjadi orang paling paham dalam menjelaskan ayat-ayat Al Qur`an.

Abdullah bin Umar adalah anak Amirul mukminin yang sangat wara'. Tidak suka berkonflik dan orang yang paling teguh dalam menegakkan berbagai sunnah Rasulullah Muhammad SAW.

Abdullah bin Zubair adalah pemuda yang gagah berani. Kuat, tak terkalahkan di berbagai laga. Iya, adalah putra Asma` binti Abu Bakar Assiddiq. Saat semua kawasan tunduk kepada Yazid, ia tetap tidak mau, sampai akhirnya pasukan Yazid mengepung dan menghujaninya dengan panah ketika sedang shalat di Ka'bah.




Abdullah bin Amr adalah seorang sahabat yang kuat beribadah. Ia bahkan mengajukan diri kepada Rasulullah untuk bangun sepanjang malam dan berpuasa setiap hari. Namun Rasulullah melarangnya. Abdullah bin Amr sangat bakti kepada ayahnya, namun tetap tak menghalangi dirinya untuk mengoreksi kesalahan sang ayah.

Entahlah, melihat tiga orang di foto ini saya jadi teringat empat orang Abdullah tersebut. Sayang ini masih tiga, belum lengkap empat. Menurut Anda, siapakah seorang lagi yang bisa menggenapi mereka menjadi empat? []



Diberdayakan oleh Blogger.