Menakjubkan! Begini Perlakuan Anies Baswedan kepada Korban Kebakaran Taman Kota



Kebakaran yang menimpa warga Taman Kota Jakarta Barat beberapa waktu lalu menyisakan kisah haru. Tak hanya itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga melakukan tindakan-tindakan menakjubkan dan segera terhadap warga yang menjadi korban.

Seperti tindakan ini, banyak yang mengaku takjub dan mendoakan sang Gubernur.





Sedang berdiri di tengah-tengah puing bekas kebakaran di Taman Kota. Lalu seorang ibu setengah baya mendekat.

“Pak Anies, semua harta saya habis. Ya tinggal ini aja Pak, baju yg saya pakai,” kata Ibu itu.

Ia katakan itu semua dengan nada amat tenang dan teduh. Tak ada kesan emosional ataupun duka.

Saya jawab, “Ibu rumahnya yang mana?”

“Ya di sini, Pak. Bapak lagi di rumah saya”, jawabnya sambil tersenyum.



Rupanya kita sedang berdiri di puing-puing rumahnya. Karena itulah Ia mendatangi dan menyapa.

Belum sempat saya tanya lagi, ibu itu sudah langsung berkata, “Pak Anies, bantu saya ya. Saya tidak minta uang dan jangan kasih uang. Beri suami saya kerjaan. Dia tukang poles lantai Pak.”




Saya jawab, "Ibu tuliskan nama dan nomor HPnya. Besok saya atur." Ia langsung cari-cari pinjaman ballpoint dan seadanya kertas. Lalu Ia tuliskan nama dan nomor hp suaminya.

Siang ini saya terima foto dari staf, mengirimkan gambar bahwa suaminya sedang bekerja membersihkan lantai di rumah dinas. Dia sedang merajut kembali bangunan ekonomi keluarga yang sempat ludes ditelan api kebakaran.

Itulah kisah keluarga petarung. Rumah kecil, sempit tapi semangat besar dan kuat. Seorang istri yang kehilangan segala harta, tapi tak kehilangan harga diri dan percaya diri. Seorang suami yang kerja keras untuk keluarga tanpa mau sedikitpun hadir mengiba.

Mereka tak mau meminta-minta, mereka tak mau gelisah tapi mereka justru amat yakin bahwa bisa bangkit lagi. Bangkit dengan tangan sendiri, bangkit dengan ikhtiar sendiri.

Jangan pernah sesekali anggap “rendah” mereka yang secara ekonomi masih dibawah. Mereka seringkali lebih “tinggi” dari mereka yang duduknya di gedung tinggi.

Sebelum ini, Anies Baswedan juga mengunjungi pemadam kebakaran yang menjalani rumah sakit karena menyelamatkan seorang kakek. Petugas pemadam kebakaran itu menderita luka bakar sebanyak 60%. Pengobatan ditanggung oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. (Baca: Anies Kunjungi Korban Kebakaran). [Tarbawia]



Diberdayakan oleh Blogger.