Tarhib Ramadhan Komunitas ODOJ Dibanjiri Ribuan Umat Islam




Menyambut Ramadhan 1439 Hijriah, Komunitas One Day One Juz (ODOJ) menggelar Tarhib Ramadhan pada hari Ahad, 6 Mei 2018 yang berlangsung pada pukul 06:30 s/d 12: 00 WIB bertempat di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. 

Kegiatan yang dihadiri oleh anggota dari Komunitas ODOJ dan berbagai elemen ormas ini ditargetkan dihadiri oleh kurang lebih 5.000 orang peserta. Kegiatan sebagai penyemangat umat islam dalam memasuki bulan suci Ramadhan ini diisi oleh tausiyah-tausiyah oleh beberapa Ulama Ternama seperti Syaikh Khanova, Ustadz Oemar Mita dan Ustadz Subqi Al-Bughury. 

Ketua umum Komunitas ODOJ menyampaikan, “Tarhib ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia dan beberapa negara dibawah koordinasi One Day One Juz, karena kami yakin ketika kesadaran untuk istiqomah bertilawah telah terpatri maka akan timbul kesadaran- kesadaran lain di antaranya adalah kesadaran memperbaiki bacaan, mengetahui makna dan menambah hapalan juga akan timbul kesadaran sosial yang salah satunya diwujudkan dalam gerakan donasi kemanusiaan Peduli Ghouta dalam kegiatan ini.” 

Acara yang di arahkan oleh Artis Ibukota selaku MC yaitu Arie Untung dan tim dari Qupro Indonesia Yusuf Erlangga berlangsung tertib, khusyuk dan lancar serta kondusif. Dengan tema “Ramadhan Berkah Bersama Al-Qur’an”

Acara dibuka dengan sambutan oleh Ketua Umum ODOJ, Ustadz Bakat Setiaji. Sambutan Dewan Pembina ODOJ, Ustadz Amir Faishol Fath. Ketua Panitia Pelaksana Tarhib Ramadhan mengatakan, “Alhamdulilah acara ini terlaksana dengan baik harapannya diadakan acara Tarhib Ramadhan ini untuk lebih menyiapkan bulan suci ramadhan, bertemu dengan para ODOJers dan yang lainnya untuk ajang silahturahmi agar lebih semangat istiqomah tilawah Quran dibulan Ramadhan in syaa Allah.”

Sesuai tema kegiatan, tausiah yang disampaikan pun berkaitan dengan Qur’an dan Ramadhan, yaitu “ Mengenal Riwayat Al-Qur’an Bersanad”, “Nikmatnya Mencintai Al- Qur’an: dan “Menuju Ramadhan Terbaik di Hidupku”.Serta ada pula sosialisasi Olimpiade Pecinta Qur'an 2 yang akan diselenggarakan di daerah Lombok,Nusa Tenggara Barat pada bulan September 2018 mendatang oleh Komunitas ODOJ. 

Dalam kesempatan ini pula, Komunitas ODOJ melakukan Penggalangan Dana “ODOJ Peduli Ghouta”. Menurut Jaringan Hak Asasi Manusia (sumber kiblat.net)sebanyak 3.218 warga sipil tewas di tangah pihak- pihak yang berkonflik di Suriah sejak awal 2018 hingga bulan ini. Sebanyak 78% seluruh korban tersebut ditenggarai dilakukan oleh rezim dan sekutunya Assad dengan didukung Rusia, April kemarin, meluncurkan operasi militer ke berbagai wilayah di Suriah, terutama Ghouta Timur. 

Dan dalam kampanye di Ghouta Timur, rezim kembali menggunakan bom birmil (barel) yang dijatuhkan dari helikopter. Kurang lebih setahun setengah, Ghouta Timur tidak menyaksikan serangan bom yang dapat meruntuhkan bangunan bertingkat itu. 

Sejumlah sipil tewas akibat serangan tersebut. Pengumpulan donasi yang telah dilakukan hingga tanggal 5 Mei 2018 kemarin, berhasil mengumpulan kurang lebih (jumlah sementara) Rp. 417.678.815 (Empat Ratus Tujuh Brlas Juta Enam Ratus Tujuh Puluh Delapan Ribu Delapan Ratus Lima Belas Rupiah). 

Adapun dana yang terkumpul akan disalurkan bekerjasama dengan lembaga kemanusiaan lainnya yaitu Sahabat Peduli Palestina. Untuk penyaluran rencananya akan dikirimkan dalam bentuk uang dan barang. 

Selain itu ada juga penggalangan dana untuk wakaf Quran yang akan disebarkan kebeberapa daerah dan pelosok di Indonesia tekhusus di wilayah yang sangat membutuhkan Al Quran.  []
Diberdayakan oleh Blogger.