Ramadhan Ukhuwah, Bersatu Bangun Negeri



[Makassar] Ukhuwah Islamiyah atau persaudaraan atas dasar aqidah Islam merupakan salah satu  nikmat dan asset terbesar yang dimiliki kaum muslimin. 

Ukhuwah Islamiyah bersifat beyond the border, menembus sekat-sekat suku, ras, golongan, batas negara dan perbedaan zaman.

Berukhuwah adalah Nikmat

Kekuatan ukhuwah islamiyah dari ummatan wahidah (kesatuan ummat) inilah yang ingin diwujudkan Oleh Muslimah Wahdah Islamiyah di seluruh Nusantara.

Pada Ramadhan 1439H, Muslimah Wahdah turut ambil bagian dalam menyukseskan Program Nasional Wahdah Islamiyah berkerja sama dengan Lazis Wahdah yaitu “Ramadhan Ukhuwah, Bersatu Membangun Negeri”.

Berbagai Paket dan Produk Kegiatan yang disajikan, diantaranya tebar Ifthor Nusantara, Inspirasi dan Buka Puasa bersama Komunitas, Salam Ramadhan (Silaturahim bersama Yatim dan dhuafa’), kado lebaran yatim, tebar Sembako Nusantara dan Tebar Mukenah  Nusantara.

Seluruh Muslimah Wahdah bersatu membangun negeri dengan spirit Ramadhan Ukhuwah, menyasar berbagai lapisan masyarakat, karyawan, buruh harian  para dhuafa dan yatim piatu. 

"Pada setiap Ramadhan memang muslimah Wahdah selalu menyajikan paket berbagi yang variatif. Dua tahun sebelumnya pernah mengadakan buka puasa 1000 yatim, kemudian di tahun 1438 H lalu punya paket Sejuta cinta dhuafa dengan target 20 ribu  dhuafa.

Dan untuk Ramadhan kali ini kami bersama Wahdah Islamiyah sebagai induk,  kami mengusung Ramadhan Ukhuwah dengan target khusus muslimah adalah 50 ribu paket tebar buka puasa, 1000 paket tebar mukenah, dan 1000 paket tebar Sembako nusantara." demikan dijelaskan oleh Ukh Zelfia selaku kadep Humas Muslimah Wahdah pusat dan Penanggung jawab Program Ramadhan Ukhuwah ( khusus Akhwat )

Produk “Ramadhan Ukhuwah Bersatu Membangun Negeri” ini  tersebar di delapan puluh daerah dan wilayah dari sabang sampai marauke.  

Diawali pelaksanaan 3 Ramadhan oleh Muslimah Wahdah Pusat  kemudian secara bertahap diikuti oleh seluruh muslimah wahdah Nusantara.

Mulai dari Manado, Majene, Pohuwato, Mataram, Maros, Soppeng, Karawang , Wajo, Kota gorontalo, Kab.Gorontalo, Lampung , Palopo , Ternate, Bone, Halmahera Tengah, Buol, Poso, Bontang, Banggai kepulauan, Takalar, Kendari , Sleman Yogyakarta, Pinrang, Parepare, Makassar, Sukabumi, Baubau, Jambi, Polman, Kolaka Utara,Jakarta Utara, Depok, Aceh Besar, Nunukan, Mamuju, Bulungan, Sidrap, Kolaka, Tojo Una-una, Berau, Jaktim, Surabaya, Cianjur, Bogor, Kota bima, Palu, Sorong, Pangkep, Kutai kartanegara, Mww kaltim & Dpd/Mwd Samarinda, Luwu utara, Muslimah Wahdah Wilayah  Sul-sel, Balikpapan, Konawe, Gowa, Kolaka Timur, Kab. Paser-Kaltim, Toli toli, Bandung Barat, Pare-Pare,Buton Tengah, Nagekeo-Flores, Bantul, Bontang, Limbata, Luwu utara, Nusa Tenggara Barat, Bombana, Takalar, Cianjur, Bonebolango Gorontalo, Banggai, Boalemo, Sukabumi, Jambi dan Marauke/Papua.

Terhitung mencapai 50 ribu paket buka puasa yang tersebar di seluruh nusantara, 1.142 peserta silaturahim yatim dan dhuafa, 15.701 paket sembako, 1000 paket tebar mukenah, 2443 paket  kado  untuk yatim, 41 paket  Kado Da’I dan 639 eksemplar alqur’an disebar kepada masyarakat Indonesia.

Masya Allah, dari konfirmasi langsung kepada Tim Ramadhan Ukhuwah Khusus Muslimah Wahdah diseluruh Nusantara didapatkan informasi bahwa berbagai pihak baik pemerintah, swasta memberikan apresiasi yang sangat  baik atas kegiatan yang diusung oleh Wahdah Islamiyah ini.

Bahkan beberapa sasaran dari tebar Ifthar menyatakan keharuan mereka karena para muslimah bersedia untuk bertandang ke pemukiman mereka yang mereka anggap tidak layak untuk mengantarkan paket sembako dan paket buka puasa, diantara para dhuafapun menyatakan kesediaan untuk belajar al quran ba’da Ramadhan. 

Dalam sambutannya pihak pemerintah dibeberapa daerah berharap bisa bergandengan tangan dengan Muslimah Wahdah untuk membentuk masyarakat yang islami ditengah derasnya arus globalisasi saat ini serta bersama membangun masyarakat marjinal untuk Indonesia yang lebih berdaya. 

Semoga Allah memberikan keberkahan setiap kegiatan yang dilakukan dan memberikan kesempatan untuk berjumpa dengan Ramadhan berikutnya, selalu berbagi dan peduli dengan sesama. Salam Ukhuwah. []
Diberdayakan oleh Blogger.