Siaga Tanggap Bencana, LAZIS Wahdah Mobilisasi Bantuan untuk Korban Gempa Lombok





Lombok - Selain memastikan jaringan dan layanan tetap normal beroperasi, relawan LAZIS Wahdah di lapangan juga telah menyiapkan bantuan darurat bagi warga korban gempa di Lombok. 




Perjalanan menuju lokasi terdampak yang berada di Dusun Mekarsari, Desa Madayin, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok, Nusa Tenggara Timur memerlukan waktu kurang lebih dua jam perjalanan.


Pada tahap awal, bantuan yang disalurkan berupa bahan makanan kepada lebih dari 100 KK yang menghuni tiga titik pengungsian di Dusun tersebut. Untuk penyaluran bantuan, LAZIS Wahdah yang merupakan anggota Forum Organisasi Zakat (FOZ) berkoordinasi dengan aparat terkait dalam hal penyaluran bantuan dan tindakan penyelamatan lainnya. 




Lokasi penyaluran bantuan akan dipioritaskan melalui posko bantuan yang dibuat pemerintah daerah. Dua titik posko terbesar yang akan menjadi sasaran dalam beberapa hari kedepan adalah posko satu yang berada di Desa Sembalun Lendang Luar, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur dan posko dua yang berada di Dusun Sambik Elen 1 di Desa Sambik Elen Kecamatan Bayan Lombok Utara.

”Prosentase bangunan rusak yang mencapai angka 95% ketimbang tetangga dusunnya yang dulu berdiri kisaran 400 unit dan tersisa 200 unit,” ucap ustadz Syuaib Ahmad, relawan LAZIS Wahdah yang berada di wilayah terdampak, Selasa (31/7). 


Dari pantauan tim di lapangan, saat ini masyarakat sangat membutuhkan kebutuhan bayi, selimut, terpal, tenda, obat-obatan, dan pakaian layak pakai yang masih belum mencukupi seluruh pengungsi. []



Diberdayakan oleh Blogger.