Awas! Ini 2 Hoax Besar Soal Banser Bakar Bendera Tauhid

Hoax seputar Banser bakar bendera Tauhid (Goyang Hak'e Hae)

Banser membakar bendera Tauhid di Alun-alun Limbangan, Garut, Jawa Barat, Senin (22/10/18) menjadi pembicaraan nasional dan memicu kemarahan ummat yang agamanya dihina. 




Namun, ada oknum-oknum yang bekerja di balik layar dan terkesan sengaja memanfaatkan kesempatan kejadian tersebut dengan menebar hoax. Inilah diantara dua hoax besar yang beredar sejak Senin (22/10/18).

Joget Hak'e Hae


Para penyebar hoax membagikan joget oleh sekelompok anak bersarung dan berbaju koko sedang berjoget. Mereka yang juga berpeci ini berjoget dengan gerakan yang mengundang asumsi negatif bagi kebanyakan orang.

Penyebar hoax memberikan bumbu, joget Hak'e Hae ini juga terjadi di alun-alun Limbangan, Garut, Senin (22/10/18). Padahal, video joget sudah tersebar sejak Agustus lalu.

Video asli bisa dilihat di Joget Hak'e Hae.

Gempa Garut


Hoax kedua yang tak kalah hebohnya adalah terjadinya gempa di Garut pada Senin (22/10/18). Dalam unggahan hoax berupa gambar tersebut dilengkapi dengan besaran skala, lokasi, hingga kedalaman.




Dalam penulusuran Tarbawia, informasi hoax gempa Garut ini tidak ada di akun resmi BMKG. Unggahan hoax gempa Garut kian provokatif karena berdekatan dengan tindakan pembakaran bendera Tauhid di Garut, Jawa Barat. 





Berhati-hatilah. Tetap waspada. Banyak oknum yang memancing di air keruh. Kerapkali ummat Islam dituduh penyebar hoax karena ketidaktelitian oknum yang asal membagikan informasi tanpa klarifikasi. [Tarbawia]

Tarbawia
Bijak Bermedia, Hati Bahagia

Bergabung Untuk Dapatkan Berita/Artikel Terbaru:


Info Donasi/Iklan:

085691479667 (WA)
081391871737 (Telegram)



Diberdayakan oleh Blogger.