Beda dengan Muhammadiyah dan Persis, Ini Tanggapan PBNU Terkait Banser Bakar Bendera

Bendera Tauhid (ilustrasi)


Pengurus Besar Nahdhatul Ulama (PBNU) menyampaikan tanggapan terkait peristiwa pembakaran bendera Tauhid oleh Banser di Alun-Alun Limbangan, Garut, Jawa Barat, Senin (22/10/18).




Tanggapan PBNU ini bisa dikatakan berbeda jauh dengan komentar PP Muhammadiyah dan PP Persatuan Islam (Persis) yang sudah lebih dahulu disampaikan kemarin, Selasa (23/10/18).

"Tindakan anggota Banser Garut tersebut didasari rasa cinta tanah air. Tidak ada landasan kebencian personal maupun kelompok, apalagi dimaksudkan untuk melecehkan atau menodai agama. Semangat untuk mencintai tanah air adalah landasan utama untuk mencegah gerakan-gerakan yang ingin mengganti konstitusi dan bentuk negara." demikian bunyi poin ke-empat pernyataan sikap PBNU di Jakarta, Rabu (24/10/18).

Pernyataan Sikap PP Muhammadiyah


Labih cepat dari rilis PBNU, PP Muhammadiyah menyampaikan komentar terkait insiden pembakaran bendera Tauhid oleh Banser. PP Muhamamdiyah menyesalkan tindakan Banser yang berujung pada lahirnya kegaduhan nasional.




"Kalau yang mereka melakukan itu sebagai bentuk nasionalisme, ekspresi dan aktualisasinya keliru. Nasionalisme seharusnya dilakukan dengan cara-cara yang santun dan tetap dalam bingkai akhlak yang luhur. Jika yang mereka maksudkan adalah membakar bendera HTI maka ekspresinya bisa dilakukan dengan cara yang lain, cukup dengan aksi simbolik dan tidak perlu verbal. Dengan menolak HTI sebenarnya cukup daripada membakar bendera yang ada tulisan syahadat atau kalimat tauhid." kata Ketua PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti, Selasa (23/10/18) seperti dilansir Tarbawia.

Ketegasan Persis


Ormas Islam Persatuan Islam (Persis) juga melontarkan komentar terkait tindakan Banser. Persis mengecam keras tindakan pembakaran terhadap kain yang bertuliskan kalimat Laa Ilaha Illallah.

"Ini sungguh sangat tidak beradab, Pimpinan Pusat Persatuan Islam mengutuk dengan keras tindakan tersebut." ungkap Sekretaris Umum PP Persis, Ustadz Haris Muslim Lc MA seperti dilansir Tarbawia. []




Tarbawia
Bijak Bermedia, Hati Bahagia

Bergabung Untuk Dapatkan Berita/Artikel Terbaru:


Info Donasi/Iklan:

085691479667 (WA)
081391871737 (Telegram)



Diberdayakan oleh Blogger.