#MatiLampu, Ust Felix Siauw Unggah Tulisan Menohok

- Agustus 05, 2019


Ancaman NKRI Sebenarnya
Oleh: Ust Felix Siauw

Gelap. Pikiran pun ikut kalap sebab semua fasilitas hidup hilang. Hiburan online yang membius dari masalah dunia juga ikut putus. Mau makan takut susah ke belakang karena pompa air tak bisa menyala.

9 jam memberi waktu Indonesia untuk berpikir, apa yang benar-benar bermasalah, dan masalah apa yang dibesar-besarkan, diada-adakan. Gelap itu ternyata menunjukkan masalah sebenarnya.

Setidaknya orang jadi paham, bahwa bukan debat tentang Khilafah, bukan radikalisme, bukan juga terorisme yang nyata menyusahkan, tapi pemadaman listrik itu adalah kesulitan nyata bagi rakyat awam, sebagian besar warga.

Itulah beda antara idealisme dengan realitas. Ternyata teriakan "NKRI Harga Mati" tak lantas membuat Indonesia jadi bebas problem ketahanan energi. Kadang kita tersibukkan dengan slogan hingga melupakan realitas yang harus dibenahi.

Kekhawatiran yang selama ini direkayasa penguasa, tentang ormas radikal, ormas anti-Pancasila, dan tuduhan lainnya, mendadak batal, sebab rakyat tak peduli, mereka tak merasa itu semua, tapi tanpa listrik, hidup mereka jelas menderita.

Gelap menyadarkan kita, apa sih sebetulnya yang dianggap penting bagi ummat? Realitasnya ummat tak peduli narasi ideal, yang mereka ingin saat ini adalah sesuatu yang nyata terasa bagi mereka.

Artinya, andai saya boleh menyarankan pada penguasa. Ketimbang melakukan monsterisasi pada istilah Khilafah, kriminalisasi pada ulama dan phobia pada Islam, lebih baik penguasa mengurusi hal-hal yang dianggap perlu dan penting boleh banyak manusia.

Jangan-jangan selama ini para penguasa sibuk menyalahkan yang lain hingga lupa menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat, mengurusi rakyat. Sibuk cari kambing hitam untuk tumbal ketidakbecusan dalam mengelola negeri, atau bahkan mencari pembenaran atas keserakahan pribadi.

Pikir saja, begitu rapuhnya Indonesia. Saya kemarin berpikir, andai ada kelompok yang berniat buruk terhadap Indonesia, mungkin sudah sedari dulu mereka sudah bisa take down Indonesia, sebab secara infrastruktur kita sangat lemah, ketahanan energi, ketahanan informasi, kita jauh dari mandiri.

Kita belajar, bahwa bukan Khilafah yang akan membubarkan negeri. Tapi ketidakberesan pengelolaan atas bidang yang jadi hajat hidup orang banyak. Bukan ormas radikal yang berbahaya, tapi kelompok serakah yang terus menjadikan Indonesia sebagai sapi perahan, yang menguasai 80% kekayaan di Indonesia, sementara 80% rakyatnya, gelap.

#khilafah #islam #gelap #serakah

*Ditulis dalam kegelapan, dengan harapan akan cahaya
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search