Keris Ustadz Adi Hidayat

- September 07, 2019


KERIS Ustadz ADI HIDAYAT
@salimafillah

Dalam khazanah Jawa, keris disebut "dhuwung" atau "curiga" yang berarti hati-hati dan waspada. Ialah makna "taqwa" seperti yang kita dapati dalam dialog antara Sayyidina 'Umar dan Ubay ibn Ka'b. Maka dalam tradisi, keris adalah bagian tak terpisahkan dari "Pakaian Taqwa" yang konon didesain Sunan Kalijaga. Para wali dan mujahid, dari Dipanegara hingga Jenderal Sudirman mengenakan keris di pinggang mereka.

Dalam istilah Yogyakarta, bilah keris Gurunda Adi Hidayat ini berdhapur Pulanggeni. Maknanya nyala yang tak pernah padam, menerangi kegelapan sekaligus menebar keharuman. Dalam khazanah Surakarta dhapur ini disebut 'Pasupati Hurubing Dilah', maknanya keberanian yang melampaui kematian dengan semangat nan terus berpijar.

Pamor meteoritnya berpola "Lar Gangsir". Pamor miring yang dihasilkan dari teknik tempa lipat yang cukup rumit ini terinspirasi dari bentuk kerut merut yang indah pada sayap jangkrik. Konon ketika Sunan Kalijaga menghadiahkan pusaka berpamor Lar Gangsir kepada Raden Patah selaku pemimpin kaum muslimin Nusantara di masa itu, beliau memaknainya, "geLAR aGemAniNG SIRa." Yakni bahwa segala yang disebut orang tentang kita (gelar, jabatan, pangkat, julukan, kemasyhuran, kekayaan) hanyalah pakaian. Tidak melekat. Kapanpun bisa ditanggalkan. Bahkan tentangnya kita akan dimintai pertanggungjawaban.

Akhirnya, keris adalah sipat kandel; senjata yang dibuat agar tak perlu digunakan. "Sipat" artinya garis. "Kandel" artinya tebal. Ia garis tebal yang membentengi pemiliknya dari memperturutkan hawa nafsu. Ia dipenuhi makna filosofis supaya pemiliknya selalu ingat untuk berucap dan berperilaku bijaksana, hingga tak ada yang tersakiti ataupun dirugikan olehnya.

Selamat berkeris, Ustadz @adihidayatofficial.
_______
Para Ustadz mendukung pelestarian #Keris yang telah dinobatkan menjadi Warisan Dunia Tak Benda oleh UNESCO agar kian digali ilmu, sejarah, dan estetikanya; menyongsong penetapan Hari Keris Nasional. Sejauh ini telah berkeris bersama kami; @ustadzabdulsomad_official @felixsiauw @abdullahhadrami @hanan_attaki @binanies @oemar_mita @muhammad.faizar. Semoga menjadi berkah pula bagi para pekriya-nya. @ Hotel Santika Premiere Bintaro
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search