Bidadari Bermata Bening

Bidadari Bermata Bening


Bidadari Bermata Bening merupakan novel terbaru Habiburrahman El Shirazy. Meski tak setenar dan seheboh Ayat-Ayat Cinta 1 dan 2 dan Ketika Cinta Bertasbih, Bidadari Bermata Bening ini menjadi bukti keistiqamahan Kang Abik dalam menghadirkan novel-novel penggugah jiwa. 





Bidadari Bermata Bening mengisahkan seorang wanita yatim piatu yang tangguh. Bidadari bernama Ayna Mardeya ini merupakan anak dari seorang TKW di Arab yang dinikahi majikannya. Dengan kombinasi Jawa-Arab, Ayna terlahir sebagai gadis dengan kecantikan di atas rata-rata. 

Bukan hanya itu, karena memiliki ayah yang mengenyam pendidikan S3 di Swedia, Ayna juga memiliki kecerdasan yang cemerlang. Terbukti, Ayna berhasil mendapatkan bintang dalam haflah akhirussanah (perpisahan) Pondok Pesantren Kanzul Ulum Candiretno, Secang, Magelang, Jawa Tengah. 

Ia berhasil menduduki peringkat pertama secara paralel saat Ujian Nasional (UN). Nilainya juga yang tertinggi di Provinsi Jawa Tengah dan peringkat sepuluh se-Indonesia. Sebagai penghargaan atas prestasinya itu, Ayna mendapatkan banyak hadiah uang tunai dari pemerintah Kabupaten sampai Provinsi. Ia juga mendapatkan beasiswa untuk masuk ke Universitas Negeri Yogyakarta dari pihak rektorat. 

Tetapi, taqdir kadang tak semulus harapan. Baru saja lulus, Ayna langsung ditawari menikah. 

Sayangnya, calon yang disodorkan oleh kiyainya saat di pesantren, Kiyai Shobron, ini sudah pernah menikah. Istrinya meninggal dunia dan memiliki dua anak. Pilihannya jatuh kepada Ayna karena sang kiyai muda menjadi pembicara dalam acara haflah akhirussanah di Pesantren Kanzul Ulum. Sang Kiyai kagum dengan sejarah hidup dan prestasi yang berhasil diraih Ayna. 

Banyak yang mengira, Ayna akan menikah dengan kiyai muda itu. Tapi, dinamika kehidupan masih berlanjut dan semakin rumit. 

Darsun, Pakde Ayna, tidak menyetujui perjodohan tersebut. Lamaran kiyai muda ini ditolak karena alasan tidak sekufu. Menurut Darsun, tak layak seorang gadis menikah dengan duda beranak dua.

Meski Darsun bukan wali Ayna karena ia saudara beda ibu dengan ibu Ayna, Ayna terpaksa taat karena Pakdenya itu mengancam. Ayna boleh menerima lamaran kiyai muda tersebut, tapi silakan pergi dan hubungan kekeluargaan pun putus. 

Ayna teringat dengan wasiat almarhum ibunya, agar terus menyambung hubungan kekeluargaan. Jangan memutus tali persaudaraan. 





Darsun ternyata memiliki niat tak baik. Ayna dijodohkan dengan lelaki tak baik bernama Yoyok. Laki-laki ini memang kaya. Ia memiliki banyak unit bisnis dan seorang anggota wakil rakyat. Menurut Darsun, Yoyok lebih sekufu karena sama-sama belum pernah menikah. Darsun memiliki kepentingan dengan keluarga Yoyok, agar ia dibiayai dalam perhelatan pemilihan Kepala Desa.

Ayna dihadapkan pada banyak masalah dalam kehidupannya. Selain tak bisa membaca Al-Qur’an, Yoyok juga kerap mengonsumsi minuman keras dan menghabiskan waktu untuk karaoke bersama wanita-wanita tak punya malu.

Di sinilah Kang Abik berhasil menghadirkan skenario tak tertebak. Bagaimana caranya Ayna menjaga diri agar bebas dari sentuhan suaminya? Dan terbukti, dengan ide brilian, Ayna benar-benar tak pernah disentuh oleh Yoyok, meski mereka sudah resmi sebagai suami istri. 

Ayna memberikan syarat kepada Yoyok. Syarat yang syar’i dan Yoyok benar-benar tak bisa memenuhi syarat tersebut. 

Pernikahan Bidadari Ayna dengan Yoyok juga terjadi karena keluarga Kiyai Sobron terlambat melamar. Saat itu, anak bungsu Kiyai Sobron, Gus Afif juga mencintai Ayna. Gus Afif dengan gagah datang ke rumah Ayna untuk menyatakan ketertarikannya, ditemani oleh sopir pesantren. 

Malangnya, ibu Gus Afif tidak setuju. Menurut Bu Nyai, anak bungsunya itu belum layak menikah. Saat ini adalah waktunya menuntut ilmu dan menggapai cita-cita. Ketika Gus Afif jatuh sakit dan keluarga Kiyai Sobron memutuskan untuk melamar, semuanya terlambat. 

Undangan pernikahan Ayna dan Yoyok sudah tersebar. Haram melamar wanita yang sudah dilamar orang lain. 





Konflik semakin banyak. Afif menderita sakit berkepanjangan layaknya Majnun yang gila karena tak bisa bersatu dengan Laila. Sakitnya akut sampai dibawa ke ruang ICU. Bu Nyai menyesal, tapi adakah makna bagi penyesalan yang sudah terlambat? 

Ayna juga mengalami kehidupan yang rumit. Ia harus hidup di rumah yang dipenuhi maksiat, padahal dirinya lulusan terbaik di pesantren. Seiring berjalannya waktu, ia harus terlibat baku hantam dengan suaminya, kemudian dijual oleh bapak mertuanya demi menyelamatkan karir politik dan usaha mereka. 

Ayna benar-benar dijual kepada seorang laki-laki tua, tukang zina, yang berprofesi sebagai makelar kasus. Episode makin menarik ketika akhirnya, Ayna berhasil lolos. 

Pertanyaannya, bagaimana cara hingga Ayna lolos dan akhirnya menjadi seorang pengusaha besar dengan mendirikan Roti Barokah? 

Apakah ia bertemu dan menikah dengan Gus Afif yang merupakan cinta pertama dan sejatinya? 

Tak kalah menarik, bagaimana akhir kisah Neneng yang mengejek dan memfitnah Ayna saat masih di pesantren? 

Dalam novel Bidadari Bermata Bening ini, Kang Abik memberikan amalan penting bagi Muslimin dan Muslimat melalui novel ini. Amalan ini terdiri dari 3 kalimat, masing-masing dibaca 100 kali di pagi dan sore hari. Amalan apakah itu? [Tarbawia/Mbah Pirman] 

Judul : Bidadari Bermata Bening
Penulis : Habiburrahman El Shirazy 
Penerbit : Republika 
Ukuran : ii+337 halaman; 13,5x20,5 cm 
Terbit : Cetakan IV, Mei 2017 
ISBN : 978-602-0822-64-8

Pesan Bidadari Bermata Bening di 085691479667 (WA/Telegram). Tersedia DISKON sampai 20%.



Diberdayakan oleh Blogger.