Blak-Blakan, Habib Novel bin Alaydrus Beberkan Satu Solusi atas Semua Masalah Hidup

Solusi Permasalah Hidup (ilustrasi @chi)


Hidup, sejatinya merupakan ujian. Hidup merupakan kumpulan permasalahan. Maka kita dihidupkan oleh Allah Ta'ala, diberi masalah, dan dilatih untuk menyelesaikannya.




Masalah orang tua terletak pada anaknya. Masalah anak bersumber dari orang tuanya. Masalah seorang guru kerap berasal dari kenalakan para murid. Masalah bagi murid bisa jadi karena guru yang tak becus dalam mendidik.

Selalu seperti itu. Berkelindan. Saling terkait satu dengan yang lainnya.

Masalah-masalah dalam hidup itu pula yang kerap membuat seseorang putus asa. Banyak yang memilih mengakhiri hidup karena tumpukan persoalan yang tak kunjung usai.

Anak nakal. Pasangan banyak membantah. Hutang menumpuk. Banyak hajat hidup yang tak kunjung terpenuhi. Dan banyak persoalan hidup lainnya.

Bagi siapa pun yang memiliki banyak masalah, simaklah nasihat bernas dari Habib Novel bin Alaydrus ini. Dalam waktu satu menit, beliau membeberkan satu solusi jitu atas seluruh persoalan yang kita hadapi.




Jadi sebenarnya, kegelapan itu tidak ada. Yang ada hanyalah berkurangnya atau lenyapnya cahaya. Nah, hal-hal yang gak enak dalam hidup (itu) ibarat kegelapan. Susah, suntuk, dan lain sebagainya.




Sebetulnya, susah, suntuk itu tidak ada. Sebetulnya tidak ada, kalau kita mau menghadirkan cahaya.

Makanya orang-orang yang berada dalam cahaya-Nya Allah Ta'ala, hidupnya menyenangkan. Laa khoufun 'alaihim wa laa hum yahzanuun (Tiada ketakutan dan kesedihan dalam kehidupannya).

Gak ada rasa takut. Gak ada kesedihan. Hidupnya enak. Lapang dadanya. Gak ada itu yang berat-berat. Semua dipikul oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Dilepas, diletakkan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Caranya satu, hadirkan cahaya.

Jadi gak usah bingung ngurusi bagaimana caranya melenyapkan kegelapan, tapi berpikirlah bagaimana caranya menghadirkan cahaya.

(Caranya) dengan perbanyak dzikir, ibadah, dhuha, dan amal shalih lainnya. Itulah solusi untuk semua masalah hidup kita.


Semoga barokah (dan) manfaat.
Semoga Allah menguatkan kita dan memberi jalan keluar atas seluruh persoalan dan masalah yang kita hadapi. [Mbah Pirman/Tarbawia]



Diberdayakan oleh Blogger.