Dajjal, Ciri dan Orang yang Mirip Dengannya

Dajjal, Ciri, dan Orang yang Mirip Dengannya
Dajjal, Ciri, dan Orang yang Mirip Dengannya

Dajjal merupakan makhluk Allah yang dijadikan ujian/fitnah bagi umat Islam. Dajjal dimunculkan oleh Allah menjelang Hari Kiamat. Dajjal merupakan salah satu ciri besar makin dekatnya Hari Kiamat.





Dajjal dan Ciri-Cirinya


Dajjal memiliki ciri-ciri sebagaimana disebutkan dalam banyak hadits Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam. Salah satu ciri Dajjal disebutkan dalam hadits riwayat Imam Muslim dari sahabat mulia Nawwas bin Sam'an Radhiyallahu 'anhu yang dikutip Imam An-Nawawi dalam Riyadhus Shalihin.

"Dajjal adalah seorang pemuda, berambut sangat keriting, matanya menonjol keluar." kata Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam.

Dajjal, dalam kelanjutan hadits tersebut, akan muncul pertama kali di sebuah jalan yang terletak antara Syam dan Irak. Setelah muncul, Dajjal akan membuat kerusakan di kanan dan kirinya. (Baca: Detik-Detik Kemunculan Dajjal)

Dajjal dan Orang yang Mirip Dengannya


Ada satu fakta yang jarang diketahui oleh umat Islam tentang orang yang mirip dengan Dajjal. Hal ini sebagaimana disebutkan sang Nabi dalam hadits riwayat Imam Muslim dari sahabat mulia Nawwas bin Sam'an Radhiyallahu 'anhu.

"Sepertinya ia (Dajjal) mirip dengan 'Abdul 'Uzza bin Qathan." kata Nabi menjelaskan.




'Abdul 'Uzza bin Qathan, sebagaiman dijelaskan oleh Syeikh Dib Al-Bugha saat mensyarah Riyadhus Shalihim Imam An-Nawawi, merupakan seorang laki-laki dari Bani Musthalaq di daerah Khaza'ah. Lelaki yang mirip dengan Dajjal ini mati semasa jahiliyah.

Dajjal dan Kemampuan Sihirnya


Dajjal bisa meminta langit menurunkan hujan. Dajjal juga bisa meminta bumi untuk menumbuhkan sebuah tanaman. Jika suatu kaum menolak mengikuti perintah Dajjal, maka Dajjal akan membuat bumi di wilayah tersebut menjadi kering sehingga tidak bisa ditanami tumbuhan.

Dajjal juga berjalan cepat secepat air hujan ketika ditiup angin. Dajjal juga bisa mengeluarkan harta karun yang ditinggalkan oleh orang-orang kuno di masa lalu.

Dajjal Dibunuh Nabi 'Isa 'Alaihis salam


Berdasarkan ketentuan Allah Ta'ala di dalam Al-Qur'an dan Sunnah Nabi, Dajjal akan dibunuh oleh Nabi 'Isa 'Alaihis salam. Nabi 'Isa diturunkan di Manarah Baidha di sebelah timur Kota Damaskus, Suriah. Dajjal akan dikejar oleh Nabi 'Isa dan dibunuh di Bab Ludd, sebuah desa di dekat Baitul Maqdis.


Dajjal dan Ciri Lainnya


Dalam riwayat yang diceritakan oleh sahabat mulia Hudzaifah bin Yaman Radhiyallahu 'anhu, Dajjal membawa air dan api. Dajjal akan menipu manusia dengan keduanya. Sahabat Hudzaifah memberikan wasiat, "Barang siapa diantara kalian bertemu dengan Dajjal, hendaklah ia mengambil sesuatu yang dilihatnya sebagai api, karena sebenarnya ia jernih dan baik." kata Hudzaifah mengutip penjelasan Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam sebagaimana diriwayatkan secara Muttafaq 'Alaih.




Dajjal Memiliki Gunung Roti


Dajjal disebutkan memiliki gunung roti dan sungai dengan air mengalir. Hal ini seperti diriwayatkan secara Muttafaq 'Alaih dan dikutip oleh Imam An-Nawawi dalam Riyadhush Shalihin.

"Ada yang mengatakan kepadaku bahwa Dajjal mempunyai gunung roti dan sungai dengan air yang mengalir." (Hr. Muttafaq 'Alaih dari sahabat mulia Mughirah bin Syu'bah).

Dajjal Buta Sebelah


Dajjal juga bisa dikenali melalui matanya. Dajjal buta sebelah matanya. Dajjal juga merupakan pembohong besar.

"Setiap Nabi yang diutus Allah pasti memperingatkan umatnya tentang kemunculan Dajjal yang buta sebelah matanya dan pembohong besar." (Hr Muttafaq 'Alaih dari sahabat mulia Anas bin Malik Radhiyallahu 'anhu)

Dajjal, Ciri, dan Orang yang Mirip dengannya
Dajjal, Ciri, dan Orang yang Mirip dengannya

Tulisan Di Antara Dua Mata Dajjal


Dalam kelanjutan hadits Anas bin Malik ini disebutkan, "Ketahuilah, Dajjal itu buta sebelah, sedangkan Tuhan kalian, Allah 'Azza wa Jalla, tidak buta, dan diantara kedua mata Dajjal tertulis (huruf) kaf fa ra-ditulis secara terpisah." (Hr Muttafaq 'Alaih dari Anas bin Malik Radhiyallahu 'anhu).  [Mbah Pirman/Tarbawia]




Diberdayakan oleh Blogger.