Tempo Ubah Berita untuk Tutupi Hoax, Begini Jejak Digitalnya



Laman Tempo sempat memberitakan informasi hoax terkait Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga S Uno soal penyelenggara acara Forum Untukmu Indonesia. 




Setelah Sandi membantah, judul dan bada berita diubah. Tapi jejak digitalnya masih tersimpan rapi. Inilah penelusuran Tarbawia.net

Awal Mula


Tempo mengutip pernyataan Ketua Perindo DKI Jakarta yang menyatakan bahwa ketua panitia bagi-bagi sembako di Monas yang menewaskan 2 anak pada Sabtu (28/4/18) merupakan relawan ok oce.

Judul yang dibuat Tempo; Ketua Perindo DKI: Ketua Panitia Sembako Monas Relawan OK OCE.


Judul berita sebelum diubah



Bantahan Sandi





Diklarifikasi wartawan soal informasi yang menyatakan bahwa ketua panitia sembako Monas merupakan relawan OK OCE, Sandi lekas membantah. Sandi menyatakan baru pertama kali bertemu dengan Dave.

"Kalau relawan OK OCE, bisa dipastikan tidak. Saya langsung bantah ya. Jangan berkembang lagi. Saya tidak pernah bertemu sama Pak Dave itu." kata Sandi seperti dilansir detik pada Kamis (3/5/18).

Jejak Digital


Untuk mengetahui jejak digital hoax yang diberitakan Tempo sangat mudah. Buka laman penelusuran. Ketika kata kunci:


Penelusuran di google. Masih tertulis judul berita sebelum diralat


Ketua Perindo DKI: Ketua Panitia Sembako Monas Relawan OK OCE




Akan muncul temuan dengan judul tersebut, lalu klik. Saat diklik, judul yang ditampilkan di badan berita sudah diganti, meski gambarnya masih sama.

Saat tautan diklik, judul berita sudah diubah. Gambar tetap.


Di tempat yang berbeda, Ketua Perindo DKI Jakarta juga membantah bahwa panitia sembako Monas bukanlah relawan OK OCE. [Tarbawia]




Diberdayakan oleh Blogger.