Rumah konsep pesanstren

Ustadz Abdul Somad Ungkap Dampak Mengerikan Jika Salah Pilih Pemimpin

- Juni 05, 2018


Ustadz Abdul Somad Lc MA mengungkapkan dampak mengerikan jika umat Islam salah dalam memilih pemimpin, baik di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi apalagi Nasional.




"Penderitaannya bukan lima bulan, bukan lima hari, penderitaannya lima tahun mendatang. Meleleh air mata darah." kata Ustadz Abdul Somad saat mengisi tabligh akbar di Lapangan Jasinga, Bogor, Jawa Barat pada Senin (4/6/18) malam.

Memilih pemimpin, kata Ustadz Somad, tak ubahnya memilih suami atau pasangan hidup. Jika pasangan hidup saja harus baik, apalagi pemimpin di level yang lebih besar.

"Kalau pemimpin rumah tangga saja dicari yang baik, apalagi pemimpin Kabupaten, apalagi pemimpin Provinsi, apalagi pemimpin Negara, betul?" kata Ustadz Somad, disambut jamaah dengan gemuruh takbir.

Karenanya, lanjut Ustadz Somad, umat Islam harus memiliki sifat selektif dalam menentukan. Jika tidak selektif, umat juga yang akan menderita.




"Harus selektif. Jangan sampai tidak selektif. Kalau kita tidak selektif, kita akan menderita." tegasnya.

Dua Ciri Pemimpin Adil


Dalam kesempatan tersebut, Ustadz Abdul Somad juga menjelaskan dua ciri utama pemimpin adil yang harus dipilih umat Islam di setiap level mulai dari keluarga sampai negara.

Ialah amanah dan adil. Adil, menurut Ustadz Somad ialah mereka yang menjauhi dosa besar, menjaga diri dari dosa kecil dan menjaga kelayakan setelah bersyahadat kepada Allah dan Nabi-Nya.

Pemimpin yang adil juga harus bersikap adil kepada diri, keluarga, dan sahabat sebelum adil kepada masyarakat atau rakyat yang dipimpin. [Tarbawia] 



Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search