Didesak Calon Mertua, Nikah atau Bayar Utang Dulu? Ini Jawaban Ustadz Somad

- Mei 02, 2018



Ustadz Abdul Somad Lc MA memberikan jawaban yang cerdas sekaligus mengundang tawa saat ditanya oleh seorang jamaah terkait masalah kehidupannya. 





Jamaah bertanya, “Mana yang harus didahulukan, membayar hutang atau menikah sementara calon mertua sudah mendesak (agar segera menikah)?” 

Dengan serta-merta, Ustadz Abdul Somad menjawab, “Cari mertua yang bisa membantu membayar hutang.” 

Tak berselang lama, lima ribuan jamaah di Masjid Al-Falah Surabaya tertawa mendengar solusi yang disampaikan oleh Ustadz Abdul Somad ini. 

Guna meyakinkan, Ustadz Somad memotivasi penanya dan jamaah terkait Mahakuasa-Nya Allah Ta’ala. Jika Berkehendak, Dia hanya berkata ‘Kun’ maka terjadilah apa yang Dia Kehendaki. 




Bayar Utang Atau Menikah? 


Ustadz Somad menjelaskan, membayar hutang harus segera ditunaikan ketika masanya tiba. Hal ini juga disebutkan di dalam Al-Qur’an dan merupakan ayat yang terpanjang. 

“Utang itu dibayar kalau sudah batas waktunya. Lihat Surat Al-Baqarah ayat 282.” lanjut dai asal Pekanbaru, Riau ini. 

Ketika uang sudah tersedia, maka membayar hutang harus diutamakan. “Uang ada. Nikah atau bayar utang? Bayar utang. Karena nikah bisa ditunda, bayar utang tidak bisa ditunda.” tegas lulusan Universitas Al-Azhar Kairo Mesir ini. 

Namun jika kebutuhan untuk menikah sudah sangat mendesak dan khawatir terjerumus ke dalam perbuatan maksiat, alangkah baiknya jika melakukan komunikasi dengan pemberi utang. 

Harapannya, kata Ustadz Somad, pemberi utang bisa berlaku bijak dan membolehkan penundaan pembayaran karena kebutuhan untuk menikah juga tak kalah besarnya. [Tarbawia]



Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search