Rumah konsep pesanstren

PT Henan Putihrai Sekuritas dan BAZNAS Buka Gerai Zakat Saham

- Mei 12, 2018



PT Henan Putihrai Sekuritas dan BAZNAS membuka gerai zakat dan sedekah saham di area lobby main hall Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI). Gerai ini resmi melayani masyarakat menunaikan zakat dan sedekah saham sejak diluncurkan pada Jumat (11/5/2018).




Hadir dalam acara tersebut Deputi BAZNAS, Arifin Purwakananta,  Direksi Henan Putihrai, Mohamad Yunus dan pimpinan Bursa Efek Indonesia.

"Gerai ini dibuka untuk memudahkan layanan zakat dan sedekah masyarakat yang beraktivitas di sekitar BEI hingga akhir Ramadan nanti," kata Arifin.

Di gerai zakat saham,  masyarakat dapat memperoleh informasi sekitar pasar modal syariah, mekanisme zakat dan sedekah saham, serta konsultasi zakat.

Program sedekah dan zakat saham (SAZADAH) telah diluncurkan November tahun lalu setelah melalui kajian Majelis Ulama Indonesia (MUI). Saham termasuk jenis harta yang wajib dikeluarkan zakatnya setelah mencapai nishab. “Ambilah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha mendengar lagi Maha mengetahui.”(At-Taubah: 103).

Abu Zahrah berkata: “Mewajibkan zakat atas saham adalah merupakan bagian dari tugas kita. Sebab jika uang saham kita gugurkan dari kewajiban zakat, itu merupakan sebuah kedzaliman. Dan merupakan kedzaliman bagi para fuqara. Yang lebih parah, hal ini akan menjadi alternatif bagi mereka untuk terbebas dari kewajiban zakat dengan cara membeli saham. Sementara jika dilihat secara sekilas, sumber-sumber kekayaan terbesar di negara kita (red: Mesir) terdapat dari perusahaan-perusahaan ini. Apakah logis jika pemilik saham terbebas dari kewajiban zakat, sementara zakat dipungut dari kelompok lemah seperti petani dan pemilik dana terbatas.” (Abu Zahrah, al-Tatbiq al-Mu’asir li al-Zakah, 117).

Program ini dapat memfasilitasi investor syariah maupun konvensional untuk menyucikan harta sekaligus berbagi kepada sesama melalui sedekah dan zakat saham.

Program ini diharapkan menjadi jalan alternatif untuk membendung kepungan kapitalisme dan kesenjangan sosial yang tinggi. Sehingga diharapkan semakin banyak pelaku pasar modal yang bersedekah dan berzakat.

“HP Sekuritas memberikan kemudahan bagi investor pasar modal, asalkan sudah memiliki rekening efek saham di Bursa Efek Indonesia silakan langsung menghubungi perwakilan kami untuk membantu proses sedekah atau zakat saham, mudah dan cepat”, demikian disampaikan Mohamad Yunus, Direksi HP Sekuritas.




Sedekah dan zakat yang dikeluarkan oleh para pemilik saham tersebut akan disalurkan kepada mustahik yang membutuhkan melalui BAZNAS. Ini untuk membantu mustahik memperoleh penghidupan lebih baik melalui program Zakat Community Development (ZCD).

Program ini merupakan pengembangan komunitas dengan mengintegrasikan aspek sosial (pendidikan, kesehatan, agama, lingkungan, dan aspek sosial lainnya) dan aspek ekonomi secara komprehensif yang pendanaan utama bersumber dari zakat, infak dan sedekah sehingga terwujud masyarakat sejahtera dan mandiri.

Selain di gedung BEI,  saat ini gerai zakat saham juga tersedia di kantor BAZNAS pusat dan kantor BAZNAS daerah.

Tentang BAZNAS


BAZNAS adalah badan pengelola zakat yang dibentuk pemerintah melalui Keputusan Presiden (Kepres) No 8/2001. BAZNAS bertugas menghimpun dan menyalurkan Zakat Infak dan Sedekah pada tingkat nasional. Lahirnya UU No 23/2011 tentang Pengelolaan Zakat, mengukuhkan peran BAZNAS sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat nasional. BAZNAS sudah berdiri di 514 daerah (tingkat  Provinsi dan Kabupaten/ Kota).

Tentang HP Sekuritas


HP Sekuritas terbukti selalu konsisten dan berkomitmen kuat sebagai penyedia jasa keuangan handal sejak tahun 1990.  Menyediakan produk layanan dan jasa keuangan seperti: Equity Brokerage, Fixed Income, Investment Banking, HP Analytics, HPX Online Trading.
Berbagai penghargaan inovasi teknologi dan Predikat Sekuritas Terbaik 2017 (kategori Aset Rp100-250M) versi Majalah Investor telah diraih. Kantor Perwakilan HP Sekuritas terdapat di Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan Bali. [NH]



Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search