Rumah konsep pesanstren

Meninggal Hari Jum'at, Ini Biografi Ust Yusuf Supendi

- Agustus 03, 2018
Ucapan Doa PKS untuk Ustadz Yusuf Supendi


Ustadz Yusuf Supendi meninggal dunia di RSCM Jakarta pada Jum'at (3/8/18) di usianya yang ke 60 tahun.

Ucapana doa mengalir untuk beliau. Netizen menyatakan, taqdir kematian ini merupakan cara Allah menyelamatkan beliau.




Siapa Ustadz Yusuf Supendi? Masya Allah... Berikut profilnya.

Yusuf Supendi merupakan salah satu generasi pertama dari gerakan Tarbiyah yang ada di Indonesia, yang di kemudian hari berubah bentuk menjadi Partai Keadilan Sejahtera. Beliau lahir di Bogor, tepatnya pada tanggal 15 Mei 1958. 

Keluarganya merupakan keluarga besar ulama, dan pamannya, K.H. Sholeh Iskandara, merupakan ulama besar di Bogor. Yusuf Supendi memulai pendidikannya di Madrasah Ibtidaiyah Ibnu Hajar Bogor. 

Sejak kecil, beliau memang dikenal sebagai pribadi yang berani dan punya nyali. Pada waktu masih kelas 5 dan 6 SD, bahkan beliau sudah sering berkelahi gara-gara main bola. 

Minat mendalami agamanya semakin meningkat setelah beliau melanjutkan pendidikannya di Pesantren Daruh Falah milik pamannya. Yusuf Supendi memiliki kemampuan mengingat yang luar biasa karena pada waktu itu, di bawah bimbingan K.H. Ahmad Rifai Yasin, beliau mampu menghafal seluruh (30 juz) Al Quran hanya dalam waktu 11 bulan. Yusuf Supendi mampu menghafalkan 4 halaman sekaligus setiap harinya, sedangkan santri lain rata-rata menghafal sebanyak 1 halaman setiap harinya. 




Setelah lulus dari sekolah menengah pada tahun 1977, Yusuf bersikeras untuk pergi melanjutkan pendidikannya di Saudi Arabia. Syarat untuk ke Saudi tanpa orang tua adalah minimal berumur 19 tahun, sedangkan beliau pada waktu itu masih berumur 18 tahun. 

Namun Yusuf tetap bersikeras, dan beliau berangkat hanya dengan bermodal visa transit 3 hari. Tujuan pertama yang beliau datangi adalah KBRI, dengan harapan mereka bisa membantu beliau untuk melanjutkan pendidikan di sana. 

Sesampainya di KBRI, sang Dubes malah menyuruh beliau pulang. Barulah pada tahun 1979, Yusuf Supendi bisa melanjutkan pendidikannya di Universitas Imam Muhammad Ibnu Saud, Riyadh. Selain menjadi aktivis dakwah di Saudi, beliau juga pernah memegang posisi Ketua Ikatan Mahasiswa Asia Tenggara, dan dari itulah Yusuf Supendi bisa mengenal banyak aktivis dakwah dari berbagai daerah.

Pada tahun 1985, beliau berhasil menyelesaikan kuliahnya dan pulang kembali ke tanah air. Beliau menikah dengan Umi Widhiyani dan dikaruniai 5 anak. Beliau bersama Hilmi Aminudin dan Salim Asegaf al Jufri akhirnya mendirikan gerakan yang lebih dikenal sebagai gerakan Tarbiyah, cikal bakal dari partai PKS. 




Yusuf juga pernah menjadi Wakil Ketua dan anggota Dewan Syariah PKS peroide 2000-2010. Pada periode 2004-2009, Yusuf juga pernah merasakan menjadi wakil rakyat dari Fraksi PKS dari Dapil IV kabupaten/kota Bogor Jawa Barat. 

Pendidikan

MI Ibnu Hajar Bogor 
SMP Pondok Pesantren Darul Falah Bogor 1971 
Pondok Pesantren Darul Falah Bogor 1971-1976 
Univ. Imam Muhammad Ibn Saud Riyadh Saudi Arabia 1985 

Karir

Penerjemah Arab-Indonesia –Arab 1996-1988 
Wakil Direktur Lembaga Bantuan International Saudi Arabia 1991-1992 
Dosen Univ. Ibnu Khaldun Bogor 1986 Dosen dan Ketua STAIDI Al-Hikmah 1992-kini
Anggota Dewan Syariah PKS peroide 2000-2010 
Anggota Komisi III DPR
Anggota komisi X DPR 
Badan legislasi DPR 

Penghargaan

Penghargaan sebagai Aktifis kemahasiswaan Univ. Imam Muhammad Ibn Saudi Arabia 1985. []

Gabung ke Channel Telegram Tarbawia untuk dapatkan artikel/berita terbaru pilihan kami. Join ke Tarbawia



Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search