Dinilai Kontroversi, Begini Pendapat KH Ma'ruf Amin Soal Ucapan Selamat Natal

- Desember 23, 2018



Cawapres pendamping Jokowi, KH Ma'ruf Amin menyampaikan pendapat bernada kontroversi terkait hukum ucapan selamat Natal dari ummat Islam kepada non Muslim.




Menurut Ma'ruf, Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang dia pimpin tidak melarang ucapan selamat Hari Natal untuk ummat Nashrani.

"Tidak ada fatwa MUI yang menyatakan itu (larangan mengucapkan selamat Natal). Yang MUI (fatwakan) itu, tidak boleh mengikuti upacara peribadatannya. Karena itu misanya. Kalau mengucapkan, itu tidak ada (larangan)." kata Ma'ruf dalam wawancara bersama Rosi di Kompas TV beberapa waktu lalu.

Ma'ruf menjelaskan, di kalangan ummat Islam terdapat perbedaan pendapat terkait hukum mengucapkan selamat Hari Natal. Sekelompok ummat Islam membolehkan, lainnya melarang.

"Oleh karena itu, di kalangan ummat Islam ada perbedaan. Ada yang melarang karena dianggapnya menyetujui ketuhanan Isa. Tapi ada yang menyatakan (boleh), (karena) bukan mengucapkan soal kelahiran." lanjutnya menjelaskan.




MUI, menurut Ma'ruf, memberikan kebebasan kepada ummat Islam untuk memilih pendapat yang mana selama tidak merusak dan menciderai.

"Kalau Anda (mengikuti pendapat) boleh, ucapkanlah (selamat Natal). Kalau Anda (mengikuti pendapat) tidak boleh, ya tidak usah mengucapkan selamat Natal. Jadi sebenarnya waktu saya menjadi Ketua MUI, itu sebenarnya posisinya netral." tegasnya.

Larangan Menggunakan Atribut Natal


Ma'ruf menambahkan, yang dilarang oleh MUI selain mengikuti peribadatan Natal adalah mengenakan atribut Natal. Namun jika ada ummat Islam yang mengenakan, pihaknya memberikan kebebasan.


"Begitu juga dengan menggunakan atribut-atribut Natal, kalau orang Islam tidak boleh. Tidak boleh karena itu ada kesepakatan. Tapi kalau dia mau sendiri, itu urusan pribadi. Kebetulan ada orang Islam mau memakai atribut Natal. Itu silakan saja. Tapi menurut aturan (MUI), tidak boleh." tuturnya memungkasi. [Tarbawia]

Tarbawia
Bijak Bermedia, Hati Bahagia

Bergabung Untuk Dapatkan Berita/Artikel Terbaru:


Info Donasi/Iklan:

085691479667 (WA)
081391871737 (Telegram)



Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search