Menjadi Kaya dan Berkah

- Januari 14, 2019


Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Sahabat Bunda, apa kabar? Hari ini bunda mau cerita tentang menjadi orang kaya. Mau yah?




Sejatinya Islam tidak melarang umatnya menjadi kaya. Bahkan beberapa ibadah dibutuhkan kekuatan harta dalam menjalankan. Misalnya saja Haji dan umroh.

Menjadi kaya itu boleh, tapi harus dengan jalan yang benar. Jalan yang Allah ridho. Gak boleh jalan Haram. Semua harus Halal. Gak boleh riba. Gak boleh nyakitin hak orang lain. Itu cara Islam.

Kita tiru cara sahabat Ustman ibn Affan dan Abdurrahman bin Auf radhyallahuanhuma. Mereka kaya, tapi berkah. Kaya yang dimulai dari memberi.

Sumur di Madinah menjadi saksi cerita keberkahan harta Ustman bin Affan, dan Pasar saouq al manakah di samping masjid Nabawi juga menjadi saksi piawainya Abdurrahman bin Auf dalam berdagang. Kekayaan mereka, dimulai dari memberi. Harta mereka, bermanfaat bagi banyak orang.

Sejarah Islam dihiasi dengan banyak sosok kaya raya pada zamannya. Islam bukan hanya dipeluk oleh mereka yang lemah dan tertindas, tetapi kalangan kaya dan terhormat di jazirah Arab.

Maka Sahabat Bunda, spirit menjadi kaya ini harus senantiasa kita gaungkan di mana pun. Dimulai dari diri dan keluarga kita. 




Libatkan anak-anak dalam aktivitas bisnis yang kita jalani dengan niat mengajarkan bahwa harta harus diperoleh dengan perjuangan yang benar. Ajak dan ajarkan mereka tentang berdagang sedini mungkin. Ajarkan juga mereka tentang konsep memberi. Konsep sedekah. Kalo kata babeh Haikal, menjadi kaya itu dimulai dari seberapa bermanfaat kita bagi banyak orang. 

Dari dalam diri dan keluarga, semangat menjadi kaya ini harus kita bagikan juga kepada masyarakat dan komunitas yang kita ikuti.

Yang tak kalah pentingnya, sahabat Bunda, adalah pemahaman yang benar tentang makna kekayaan. Bahwa kaya merupakan sebuah proses dan alat perjuangan yang dimulai dari memberi. 

Ya Allah, mudahkan kami meraih harta yang barokah. Mudahkan kami menjalani kehidupan ini. Mudahkan kami menjalani syariatMu Ya Jalla Jalalu.

"Allahuma inni as-alukal hudda wattuqo wal afaffa wal ghina"

Semoga sahabat bunda semua menjadi manusia Kaya dan Pemberi sekaligus. Aamiin.

Salam untuk keluarga
*Bunda Ermi*

------------------------------

Ikuti sejuknya Pesan Bunda Ermi lainnya di Channel TELEGRAM. Cukup klik:

https://t.me/SahabatBundaErmi

Jangan lupa juga untuk follow, like and share 

Website:
www.ermiyusfa.com

Facebook: 
https://www.facebook.com/ermiyusfaofficial

Instagram : 
https://www.instagram.com/ermiyusfaofficial/

Twitterr: 
https://twitter.com/ermiyusfa

Tarbawia
Bijak Bermedia, Hati Bahagia

Bergabung Untuk Dapatkan Berita/Artikel Terbaru:


Info Donasi/Iklan:

085691479667 (WA)
081391871737 (Telegram)



Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search