Depok Surga Bagi Penuntut Ilmu



DEPOK, SURGA PARA PENUNTUT ILMU

Merebaknya artis hijrah dan mulai rajin mengikuti kajian merupakan kabar menggembirakan bagi masyarakat dan umat Islam Indonesia. Bunda yang pernah hadir dalam kajian para artis hijrah itu mampu merasakan aura kebaikan lantaran keikhlasan.

Berbicara tentang hijrah, ia harus diikuti dengan sikap istiqomah dalam menuntut ilmu. Sebab hanya dengan ilmu, seseorang akan mendapatkan bahagia di dunia dan akhirat. 

Islam sebagai agama yang sempurna tidak pernah mendikotomikan ilmu. Semua ilmu merupakan hikmah yang bisa digunakan untuk berkhidmat kepada ummat dan mendekatkan diri kepada Allah. 

Di Kota Depok, bisa disebut sebagai surga bagi para penuntut ilmu. Tak hanya menjamurnya sekolah tinggi, tetapi juga banyaknya pakar ilmu syariah di Kota Belimbing ini. 

Sahabat Bunda pasti mengenal Walikota Depok Idris Abdus Somad. Beliau merupakan santri lulusan Gontor dan Doktor Syariah dari Universitas Imam Ibnu Su'ud, Arab Saudi. Sudah pasti, beliau menguasai dan mampu mengombinasikan ilmu sains dan ilmu agama dalam satu wadah.

Agak bergeser sedikit dari kediaman Doktor Idris, di daerah Cimanggis Kota Depok ada pakar Tafsir Al-Quran. Beliau adalah Doktor Muslih Abdul Karim yang merupakan pendiri Pondok Pesantren Baitul Qur'an.

Pondok Pesantren Baitul Quran ini sudah melahirkan banyak hafizh dan sebagian besar berasal dari anak-anak yatim. Tangan lembut doktor Muslih mengantarkan anak-anak menjadi mudah menghafal kalam-kalam Allah Ta'ala.

Ada Budi Ashari Lc, pendiri Kuttab Al Fatih di Cimanggis, Depok. Lulusan Madinah yang melahirkan kembali konsep belajar keilmuan dan akhlak 'ala sahabat nabi shalallahu alaihi wassallam dari usia anak dini hingga dewasa.

Agak ke utara ada pula seorang doktor yang juga pejuang dakwah. Saat ini beliau mengembangkan SMP Sains Al-Abrar di Kecamatan Cilodong. Beliau adalah Doktor Bakrun Syafi'i Lc MA yang satu kelas dengan mantan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan saat di LIPIA.

Kabar gembiranya, para ustadz dan doktor-doktor ilmu syariah ini gencar menyampaikan kajian di berbagai masjid perumahan di banyak titik di Kota Depok. 

Mulai dari ujung utara hingga ujung selatan. Seperti di Perumahan Jati Jajar, Perumahan Tirta Mandala, Pondok Sukmajaya, dan lainnya.

Bahkan kajian-kajian keilmuan ini juga rutin dilaksanakan di masjid-masjid kampus seperti di UI, Gunadharma, Al-Qudwah, dan kampus lainnya.

Alhasil, Depok benar-benar layak dijuluki surga bagi para pecinta ilmu karena kemudahan dalam mengakses kajian di banyak titik di Kota Depok.

Semoga kita menjadi ahli ilmu. Karena Nabi berpesan, siapa berjalan menuju majelis ilmu maka ia seperti berjihad di jalan Allah Ta'ala.

Jadi kalau jalan-jalan ke Kota Depok, singgahlah sejenak ke Masjid-masjid yang rutin mengadakan kajian keilmuan.

Salam untuk keluarga,
-Bunda Ermi-

------------------------------
Ikuti sejuknya Pesan Bunda Ermi lainnya di Channel TELEGRAM. Cukup klik:

https://t.me/SahabatBundaErmi
Diberdayakan oleh Blogger.