Banjir Jakarta Luapan Ciliwung, Gerak Cepat Anies Bikin Warga Bangga

- April 26, 2019

Ibu Kota Jakarta terdampak luapan air dari sungai Ciliwung akibat hujan berkepanjangan di Bogor, Jawa Barat. Pemerintah DKI bergerak cepat di bawah komando Gubernur Anies Baswedan.

Meski warga tetap terdampak banjir, mereka memuji dan mengapresiasi gerak cepat Anies Baswedan.





Setiap Hari Kesiapsiagaan Bencana 26 April, Pemprov DKI Jakarta rutin mengajak masyarakat untuk mengadakan latihan evakuasi kebencanaan. Untuk menggugah kesadaran, meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana. Dan hari ini adalah ujian sebenarnya bagi kita.

Kemarin malam, status tinggi muka air Pintu Air Katulampa Bogor sempat mencapai Siaga 1. Kiriman air dengan volume tinggi ini diperkirakan sampai 6-9 kemudian di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung di Jakarta. Sejak malam peringatan dini telah dikeluarkan oleh BPBD DKI Jakarta, seluruh jajaran Pemprov DKI siag. Banyak petugas kita, tak istirahat sejak tadi malam. Semua berjaga. Prinsip kita: Siap, tanggap, galang.





Kita sudah memetakan titik-titik rawan bencana yang akan terdampak atas kiriman air dari hulu sungai Ciliwung. Kawasan ini akan selalu terdampak selama kiriman air dari hulu belum bisa kita batasi, jadi yang bisa kita lakukan adalah meminimalisir dampaknya.

Posko-posko pengungsian disiapkan Dinas Sosial, pasukan biru disiagakan di lokasi, pompa mobile disiapkan, pasukan oranye, Dinas Gulkarmat dan Satpol PP membantu proses evakuasi.



Kami mengapresiasi warga yang sudah #sadarbencana, mereka sudah tahu apa yang harus dilakukan ketika menerima peringatan dini dari kecamatan/ kelurahan. Dengan kesadaran tersebut makin memudahkan proses evakuasi dan penanganan genangan.

Kepada seluruh jajaran Pemprov DKI yang masih siaga sejak tadi malam, terima kasih, jaga terus stamina Ibu/ Bapak, tetap utamakan keselamatan. Selamat bertugas!

#OperasiSiagaIbukota
#SiapTanggapGalang
#DKIJakarta [ABW]





Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search