Innalillahi... Ini Riwayat Orang China Suspect Corona di Bandung

- Januari 27, 2020

Ilustrasi

tarbawia.net - Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung (RSHS) mengonfirmasi adanya dua pasien suspect Corona melalui konferensi pers pada Senin (27/1/20).

Dijelaskan oleh pihak rumah sakit, dua pasien ini merupakan WNA dari China dan WNI yang baru pulang dari Singapura.

WNA China


Pasien pertama yang diperiksa di RSHS merupakan rujukan dari Rumah Sakit Cahaya Kawaluyaan. Di dalam surat rujukan tersebut, pasien disebutkan menderita infeksi saluran pernafasan akut (ISPA).

Sesampainya di RSHS, pasien yang merupakan laki-laki dewasa ini lekas diisolasi di ruang khusus yang terdapat di IGD RSHS.

WNA Pulang dari Singapura


Sedangkan pasien kedua dengan suspect Corona merupakan rujukan dari Rumah Sakit Boromerus. Pasien yang sempat melancong ke Singapura ini sempat kejang dan tak sadarkan diri.

Arti Suspect


Pihak RSHS menjelaskan, suspect secara sederhana sebagai gejala. Dua pasien yang dirujuk ke RSHS memiliki suspect mirip dengan suspect penderita Corona yang telah menewaskan 80an orang sejak Senin (27/1/20) ini.

"Suspect itu kalau yang oleh organisasi kesehatan dunia WHO adalah adanya suatu tanda gejala seperti influenza. Jadi ada demam lebih dari 38 derajat celcius dan ada batuk dan sesak nafas. Apabila ada gejala demikian, ditambah ada riwayat bepergian ke negara Tiongkok terutama Wuhan, maka dikatakan itu adalah suspect novel coronavirus," ujar Wakil Ketua Tim Infeksi Khusus RSHS Bandung Anggraeni Alam, Senin (27/1).

Pihak RSHS menambahkan, hasil pengecekan lebih lanjut dari kedua pasien suspect corona sudah dibawa ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan (Balitbangkes) di bawah Kementerian Kesehatan untuk diperiksa lebih lanjut.   [] 
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search