Amalkan Ini Diam-Diam, Insya Allah Bebas Corona

- April 29, 2020


Bebas Corona dengan Diam-diam Mendoakan Saudara Kita

Ibu/Bapak yang dimuliakan Allah,

Tidakkah kita menyadari bahwa Allah Swt. sangat memuliakan kita?

Tidakkah pernah kita mencermati bahwa Allah Swt. menyediakan fasilitas istimewa bagi kita umat Islam, agar bahagia dan selamat dunia-akhirat?

Ibu/Bapak yang dirahmati Allah,

Allah Swt. sangat suka dengan hamba-Nya yang gemar berbuat kebaikan, membantu meringankan beban saudaranya yang sedang tertimpa bencana.

Sebagaimana sabda Nabi SAW.:

أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى سُرُورٌ تُدْخِلُهُ عَلَى مُسْلِمٍ, أَوْ تَكَشِفُ عَنْهُ كُرْبَةً, أَوْ تَطْرُدُ عَنْهُ جُوعًا, أَوْ تَقْضِي عَنْهُ دَيْنًا

“Amalan yang paling dicintai Allah ta’ala adalah engkau menyenangkan seorang muslim, atau engkau mengatasi kesulitannya, atau engkau menghilangkan laparnya, atau engkau membayarkan hutangnya.” (HR. Thabrani).

Beliau SAW. juga pernah bersabda:

وَإِنَّـمَـا يَرْحَمُ اللهُ مِنْ عِبَادِهِ الرُّحَمَاءَ

“Dan sesungguhnya Allah hanya menyayangi hamba-hamba-Nya yang penyayang.” (HR. Bukhari-Muslim)

Bahkan yang lebih hebat lagi, Allah Swt. tidak pelit, dan sangat pemurah bagi hamba-Nya.

Rasulullah SAW. bersabda:

مَنْ نَـفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُـرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا ، نَـفَّسَ اللهُ عَنْهُ كُـرْبَةً مِنْ كُـرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ، وَمَنْ يَسَّرَ عَلَـى مُـعْسِرٍ ، يَسَّـرَ اللهُ عَلَيْهِ فِـي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ ،

“Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang Mukmin, maka Allah melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat. Barangsiapa memudahkan (urusan) orang yang kesulitan, maka Allah Azza wa Jalla memudahkan baginya (dari kesulitan) di dunia dan akhirat.” (HR Muslim)

Maka kenapa tidak, di kala wabah penyakit Covid-19 merebak, kita bersimpuh untuk mendoakan kesembuhan saudara-saudara kita.

Ibu/Bapak yang dimuliakan Allah,

Ada amalan sederhana yang keutamaan atau fadhilahnya sangat luar biasa. Amalan ini bisa dilakukan oleh siapa saja, tanpa perlu ada biaya.

Apa itu?

Marilah kita secara diam-diam mendoakan saudara-saudara kita yang sedang sakit (terutama Covid-19), agar segera disembuhkan Allah Swt., dan segera bisa menikmati kembali ibadah puasa bersama keluarga tercinta di rumah mereka...

Ibu/Bapak, ini istimewa!

Jika kita mendoakan mereka secara diam-diam, maka ada Malaikat di atas kepala kita yang juga akan mendoakan kesehatan dan keselamatan bagi kita.

Sebagaimana keterangan hadits dari Abu Darda’ ra., Nabi SAW. bersabda:

دَعْوَةُ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ مُسْتَجَابَةٌ عِنْدَ رَأْسِهِ مَلَكٌ مُوَكَّلٌ كُلَّمَا دَعَا لِأَخِيهِ بِخَيْرٍ قَالَ الْمَلَكُ الْمُوَكَّلُ بِهِ آمِينَ وَلَكَ بِمِثْلٍ

“Doa seorang muslim untuk saudaranya yang tidak berada di hadapannya akan dikabulkan oleh Allah. Di atas kepala orang muslim yang berdoa tersebut terdapat seorang Malaikat yang ditugasi menjaganya. Setiap kali orang muslim itu mendoakan kebaikan bagi saudaranya, niscaya Malaikat yang menjaganya berkata, “Aamiin (semoga Allah mengabulkan) dan bagimu hal yang serupa.” (HR. Muslim)

Apalagi, kalau kita lebih ikhlas dan serius mendoakan dengan melaksanakan Sholat Hajat 2 rakaat. Maka Allah Swt. yang Maha Melihat akan menyaksikan bahwa kita ada hajat, serius mendoakan saudara kita agar selamat...

Ibu/Bapak rahimahullah.

Dengan sepenuh keyakinan iman kita percaya bahwa Allah Swt. memiliki kemampuan yang tidak terbatas.

Dunia dan akhirat itu dalam kekuasaan Allah Swt. Surga dan neraka juga dalam genggaman Allah Swt.

Maka membuat virus Corona tidak hinggap dan tidak menginfeksi tubuh kita, itu bagi Allah Swt amat sangat mudah.

Maka mari kita manfaatkan fasilitas ini sebaik-baiknya.

Setelah ikhtiar terbaik dengan physical & social distancing kita lakukan, maka hadiah doa-doa terbaik kita kirimkan bagi saudara-saudara kita, yang saat ini sedang berjuang mendapatkan kesembuhannya.

Semoga Allah Swt. berkenan menerima doa dan amal ibadah kita.

Allaahu a’lam bish-showwab.

Rabu, 29 April 2020

Nanung Danar Dono, Ph.D.
Pengurus Bidang Dakwah MIUMI DIY
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search