Rumah konsep pesanstren

Bikin Merinding, Ini Alasan Wagub Sulsel Edarkan Imbauan Tangkal Bencana

- Oktober 11, 2018

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman melakukan gebrakan dalam rangka menangkal adanya musibah dan bencana alam yang akhir-akhir ini menyapa wilayah Nusantara.




Andi membuat edaran yang berisi 5 imbauan bagi masyarakat terkait usaha-usaha menangkal bencana berdasarkan keyakinan beragama. Alasan yang dikemukakan Wagub dalam edaran ini bikin merinding.

"Berkaca pada fenomena alam dan bencana yang terjadi akhir-akhir ini dan desakan/masukan beberapa kelompok masyarakat Muslim dalam menilai perilaku maksiat, bentuk budaya berbau kesyirikan, asusila dan lainnya sebagai faktor dan "predessecors" pendorong sang Pencipta Allah Subhanahu wa Ta'ala memberi cobaan atau peringatan yang sifatnya bukan hanya berdampak pada pelaku tapi juga masyarakat umum lainnya dalam tinjauan perspektif dan keyakinan agama." kata Andi melalui edaran bernomor 120/6759/WAGUB.

Berikut isi edaran Wakil Gubernur Sulsel yang diharapkan bisa diikuti oleh pemimpin-pemimpin daerah lainnya bahkan pemimpin Nasional.

1. Setiap kegiatan provinsi/kabupaten/kota untuk selalu memperhatikan rundown acara yang berpotensi berbau kesyirikan, asusila, dan norma yang tidak sesuai budaya agama masyarakat setempat.




2. Senantiasa melakukan koordinasi dengan lembaga agama dalam hal ini Majelis Ulama Indonesia Sulawesi Selatan untuk meminta pandangan dan nasihat setiap kegiatan, baik seni, budaya, maupun kegiatan lainnya di muka umum dan masyarakat beragama.


3. Melakukan kegiatan tradisional yang kreatif tanpa berlawanan dengan aturan budaya dan agama serta tetap memperhatikan karakter sebagai orang Sulawesi Selatan yang religius dan berbudaya.

4.  Segenap warga masyarakat untuk senantiasa berdoa kepada Allah agar senantiasa mendapat perlindungan dalam setiap cobaan serta memberi kemudahan kepada saudara-saudara kita yang ditimpa musibah gemmpa dan tsunami melalui bantuan dan doa.

5. Imabauan ini juga berlaku bagi kegiatan seni, budaya, dan adat istiadat yang dilakukan oleh kelompok pegiat, organisasi masyarakat, event organizer, perorangan dan lainnya. [Tarbawia]

Tarbawia
Bijak Bermedia, Hati Bahagia

Bergabung Untuk Dapatkan Berita/Artikel Terbaru:


Info Donasi/Iklan:

085691479667 (WA)
081391871737 (Telegram)



Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search