Gempa Situbondo, Fakta Ini Paling Mengkhawatirkan



Innalillahi wa inna ilaihi roji'un. Indonesia kembali berduka. Daerah Jawa Timur dan Bali diguncang gempa berkekuatan 6,4 SR yang berpusat di daerah Situbondo, Jawa Timur.




Dari berbagai fakta yang terjadi pada gempa dini hari, Kamis (11/10/18) ini, ada satu fakta yang dinilai paling mengkhawatirkan.

"Korban meninggal akibat tertimpa bangunan yang roboh. Kejadian gempa Kamis dini hari saat korban sedang tidur tiba-tiba gempa mengguncang dan rumah roboh sehingga korban tidak bisa menyelamatkan diri." demikian seperti disampaikan BNPB melalui siaran pers.

Gempa Situbondo, dalam laporan yang dirilis BNPB, memang terjadi pada pukul 01.57 WIB. Pada dini hari. Ketika kebanyakan masyarakat sedang dalam kondisi tidur alias tidak sadarkan diri.

Korban Meninggal (Data Sementara)


Data sementara dampak gempa dilaporkan 3 orang meninggal dunia dan beberapa rumah mengalami kerusakan. Daerah yang terparah adalah di Kecamatan Gayam Kabupaten Semenep Jawa Timur. 




Tiga orang meninggal dunia adalah: 

1) Nuril Kamiliya (L/7) Desa Prambanan, Kec. Gayam - Sumenep. 

2) H. Nadhar (P/55) Dsn. Jambusok, Desa Prambanan, Kec. Gayam - Sumenep. 

3) Laki-laki Dewasa (masih identifikasi) Desa Prambanan, Kec. Gayam - Sumenep.


Kerusakan Rumah


Kerusakan rumah terjadi di: 




- Rumah rusak di desa Jambuir, Kec. Gayam Kepulauan Sapudi- Sumenep 
- Rumah rusak di Kopedi Kec.Bluto - Sumenep. 
- Rumah rusak di Kertasada Kec.Kalianget - Sumenep. 
- Masjid Desa Gendang Timur Kec.Sepudi - Sumenep. 
- Rumah rusak di Nyabakan timur Kec.Batang-Batang - Sumenep. 

Daerah yang Merasakan Gempa


Getaran gempa terasa di seluruh wilayah Jawa Timur meliputi Kabupaten/Kota Situbondo, Jember, Banyuwangi, Lumajang, Kab. Probolinggo, Kota Probolinggo, Bondowoso, Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Kab. Pasuruan Kota Pasuruan, Kota Batu, Kota Malang, Kab. Malang, Kab. Blitar, Surabaya, Sidoarjo, Jombang, Kab. Mojokerto, dan Kota Mojokerto. 

Guncangan gempa dirasakan cukup kuat oleh masyarakat di Sumenep dan Situbondo selama 2-5 detik. Masyarakat berhamburan keluar rumah. Sedang di daerah lain gempa dirasakan sedang selama 2-5 detik. [Sumber: BNPB]

Tarbawia
Bijak Bermedia, Hati Bahagia

Bergabung Untuk Dapatkan Berita/Artikel Terbaru:


Info Donasi/Iklan:

085691479667 (WA)
081391871737 (Telegram)



Diberdayakan oleh Blogger.