Saat Hidupmu di Ambang Jurang Kehidupan


Dalam sebuah hadits shahih yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Rasulullah SAW bersabda: "Siapa yang dikehendaki oleh Allah menjadi orang baik maka dia akan diberi ujian". Jika seseorang telah mengaku beriman, maka tahap selanjutnya yang harus ia hadapi adalah ujian dari Allah. Banyak orang yang tidak sanggup menghadapinya karena terlalu cepat berputus asa. Adapun yang bisa melewatinya adalah orang-orang yang tidak pernah berputus asa dalam hidupnya karena mereka selalu yakin dengan janji Allah.

Ustadz DR. Rahmat Abdul Rahman, Lc., M.A.(Ketua Harian DPP Wahdah Islamiyah/Pembina Syariah LAZIS Wahdah) pernah berkata bahwa kadang kala engkau berada di kondisi sulit, di depanmu jurang, di belakangmu rintangan besar. Allah menyelamatkanmu sehingga tidak terjatuh ke dalam lembah, dan memberikan kesempatan kepadamu untuk melampaui hambatan, adalah nikmat yang besar. Untuk itu, pandai-pandailah bersyukur kepada Allah.

Sebagaimana yang diutarakan oleh Ustadz DR. Rahmat Abdul Rahman, dapat ditarik kesimpulan bahwa terkadang seseorang yang ditimpa cobaan atau ujian itu diselamatkan oleh Allah. Namun itu semua berangkat dari keyakinannya yang besar kepada Allah bahwa Allah selalu menyertainya dan menjaganya.

Oleh karena itu, bagaimana seharusnnya sikap seorang muslim yang beriman jika dihadapkan pada suatu kesulitan hidup? Sebagaimana yang dikutip dari akuislam.com bahwa ada 7 tips untuk menghadapi ujian hidup dalam Islam, di antaranya:

1).Keyakinan bahwa ujian itu merupakan ekspresi cinta Allah kepada hambanya.

2).Keyakinan bahwa semakin besar dan banyaknya cobaan, semakin besar pula pahala dan cinta Allah yang dilimpahkan kepada hambanya. Dengan syarat, kita bisa melewati setiap ujian hidup itu dengan baik.

3).Keyakinan bahwa ujian itu akan menghapuskan dosa-dosa yang pernah dikerjakan.

4).Selalu berpikir positif.

5).Keyakinan bahwa dibalik kesulitan pasti ada kemudahan.

6).Selalu optimis untuk bisa melewati setiap ujian itu.

7).Menghadapi ujian hidup dengan usaha dan do'a.

Jadi, salah satu faktor utama agar kita bisa lulus dari setiap ujian hidup adalah keyakinan dan jangan pernah berputus asa dari rahmat Allah. jika kita berhasil melewati satu tangga ujian hidup maka Allah akan mengangkat derajat kita dan mengampuni semua dosa-dosa yang pernah kita kerjakan. [Rudisa Putra]

***

Info Donasi Peduli Untuk Negeri (1000 Qur'an Untuk Palu dan Indonesia): 0811 9787 900 (call/wa/sms)

#1000QuranForPalu
#1000QuranForIndonesia
#pedulinegeri
#melayanidanmemberdayakan
Diberdayakan oleh Blogger.