Keluhan Tak Ditanggapi Serius, Konsumen Gugat Telkomsel

- April 30, 2019


Kenapa data pelanggan selular saya bisa jatuh ke pihak lain ?

Nama saya Mochamad James Falahuddin, saya adalah pelanggan kartu HALO Prioritas No 0811122173 sejak hampir 10 tahun lalu.

Entah karena alasan apa, sejak tanggal 31 Maret 2019 sebuah akun twitter anonym dengan nama El Diablo ( @digembokASLI ) melakukan bullying terhadap saya. Dan pada tanggal 4 April 2019 akun tersebut mempublikasikan informasi Nama, Tempat Tanggal, Lahir dan nama Ibu Kandung yang saya sangat yakin, dan bisa saya buktikan, berasal dari data registrasi Kartu Halo saya.

Selain itu akun tersebut juga mempublikasikan lokasi saya berdasarkan lokasi BTS Telkomsel terdekat. Yang hal ini pun bisa saya buktikan.

Dua postingan ini tentu menjadi keprihatinan tersendiri buat saya, karena jelas ini bisa mengancam keamanan finansial dan juga jiwa saya dan keluarga.

Karena saya memiliki hubungan cukup dekat dengan personil di Telkom maupun Telkomsel, pertama saya memilih untuk berkomunikasi secara informal terlebih dahulu, mencoba mencari kejelasan kenapa data personal dan lokasi saya bisa ada di tangan akun twitter anonym dan digunakan untuk membully saya. Tapi tidak ada penjelasan yang clear yang saya dapatkan.

Lalu pada tanggal 8 April 2019, saya berusaha melaporkan kejadian tersebut ke GRAPARI Telkomsel di Graha Merah Putih Telkom Jl Gatot Subroto. Saat itu oleh agent yang melayani, saya mendapatkan konfirmasi bahwa kombinasi Nama, Tempat Tanggal Lahir dan nama Ibu Kandung yang dipublikasikan oleh akun twitter anonym itu persis seperti data yang ada di registrasi kartu HALO saya.



Namun setelah berkonsultasi dengan managernya, agent tersebut bilang tidak bisa menerima laporan saya, karena menurut mereka GRAPARI hanya bisa menerima keluhan terkait operasional layanan Telkom / Telkomsel. Sedangkan kasus yang saya laporkan menurut mereka tidak termasuk keluhan operasional layanan Telkomsel.

Karena dua jalur yang sudah saya tempuh, jalur privat dan jalur resmi ke GRAPARI, tidak bisa memberikan jawaban yang memuaskan, maka dengan sangat terpaksa saya menggunakan jalur Suara Pembaca ini untuk meminta penjelasan kepada pihak Telkomsel kenapa hal demikian bisa terjadi. 

Kenapa kok ada pihak di luar telkomsel, terlebih akun twitter anonym, bisa mendapatkan informasi terkait data pelanggan seluler saya dan juga bisa melacak lokasi seseorang berdasarkan lokasi BTS Telkomsel terdekat?

Bagaimana sebetulnya prosedur dan komitmen perlindungan pelanggan Telkomsel, apalagi mengingat saya adalah pelanggan setia Kartu Halo Prioritas yang sudah berlangganan cukup lama?

Apalagi publikasi akun twitter anonym yang bersifat bullying sangat mengancam keamanan kami dan sudah menimbulkan kerugian material dan non material bagi saya dan keluarga.

Sekali lagi mohon bisa dijelaskan sejelas-jelasnya oleh pihak Telkomsel

Terima kasih atas perhatiannya

Hormat Kami,
Mochamad James Falahuddin
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search