Mengapa Baca Surat Yasin Malam Jumat? Ini Penjelasan Ustadz Abdul Somad

- Juni 13, 2019
baca surat yasin
Selain membaca Surat Al Kahfi, banyak muslim membaca surat Yasin pada malam Jumat. Mengapa membaca surat Yasin? Ustadz Abdul Somad memiliki dua jawaban. Satu jawaban lucu dan satu jawaban serius.

Jawaban lucu, kata Ustadz Abdul Somad, berasal dari jawaban ibu-ibu. Ketika ditanya mengapa baca Surat Yasin, ia menjawab, “Kalau baca surat Al Baqarah kepanjangan.”

Jawaban seriusnya, sebenarnya Surat Yasin baik dibaca setiap hari. Sebab ketika seorang muslim membaca Surat Yasin di malam hari, paginya ia akan mendapatkan ampunan Allah. Demikian pula jika seorang muslim membacanya di siang hari, petangnya dia mendapat ampunan Allah.

“Yang baca Yasin tadi malam, malam Jumat, maka Subuh tadi sudah dapat ampunan Allah,” terang Ustadz Abdul Somad. “Yang baca Yasin pada siang Jumat, maka pada petangnya dapat ampunan Allah. Tidak khusus hari Jumat.”

“Tapi karena tidak bisa setiap hari, minimal sepekan sekali. Dipilihlah sayyidul ayyam yaitu hari Jumat.”

Ustadz Abdul Somad pun mengutip hadits yang dicantumkan Ibnu Katsir dalam tafsirnya:

مَنْ قَرَأَ يس فِي لَيْلَةٍ ، أَصْبَحَ مَغْفُورًا لَهُ

“Barangsiapa membaca Surat Yasin pada malam hari, maka pada waktu Subuhnya ia mendapat ampunan.” (HR. Abu Ya’la)

Meskipun hadits tersebut dinilai dhaif, ada hadits lain yang maknanya serupa.

مَنْ قَرَأَ يس فِى لَيْلَةٍ ابْتَغَاءَ وَجْهِ اللَّهِ غُفِرَ لَهُ

“Barangsiapa membaca Surat Yasin pada malam hari dengan mengharap Wajah Allah, maka diberikan ampunan baginya.” (HR. Ibnu Hibban dalam Shahihnya)

Kedahsyatan Lain Surat Yasin


Dalam ceramah yang sama, Ustadz Abdul Somad juga menjelaskan kedahsyatan lain Surat Yasin. Yakni jika ia dibacakan untuk urusan yang sulit sekalipun, maka urusan itu akan dimudahkan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

“Bahkan Imam Ibnu Katsir dalam Tafsir Al Qur’anil ‘Adhim menegaskan secara jelas, fi kulli amrin ‘asirin. Setiap perkara yang sulit, setiap ada musibah, setiap ada malapetaka, setiap mengharapkan yang baik-baik, dibacakan Surat Yasin, illaa yassarallah. Maka Allah memudahkan perkara itu,” lanjut Ustadz Abdul Somad.

Selain itu, kandungan isi Surat Yasin juga luar biasa. Ketika dibaca dan ditadabburi, Surat Yasin akan menambah keimanan dan menurunkan kebrutalan. Ustadz Abdul Somad mencontohkan Surat Yasin ayat 65.

اَلۡيَوۡمَ نَخۡتِمُ عَلٰٓى اَفۡوَاهِهِمۡ وَتُكَلِّمُنَاۤ اَيۡدِيۡهِمۡ وَتَشۡهَدُ اَرۡجُلُهُمۡ بِمَا كَانُوۡا يَكۡسِبُوۡنَ

“Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; tangan mereka akan berkata kepada Kami dan kaki mereka akan memberi kesaksian terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan.” (QS. Yasin: 65)

“Ketika di hadapan pengadilan, ada yang tak pandai bersilat, tapi pandai bersilat lidah. Ada yang tak panda bicara, dia bisa bayar pengacara dengan uangnya yang banyak. Tapi Yasin mengingatkan kita, saat itu mulut terkunci, tangan yang dulu bertanda tangan dan berbuat akan bersaksi, kaki akan memberikan persaksian semua perbuatan yang pernah kita lakukan,” kata Ustadz Abdul Somad.

Yasin juga mengingatkan kekuasaan Allah yang cukup dengan “kun” maka jadilah apa yang Dia kehendaki. “Surat Yasin amat baik dibaca,” simpulnya. [Muchlisin BK/Tarbawia]

*Surat Yasin lengkap beserta terjemah, keutamaan dan khasiatnya bisa dibaca di artikel Surat Yasin
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search