5 Hal Seru yang Bisa Dilakukan Saat Berlibur Sendirian

- Agustus 16, 2019
Wisata Pantai di Lombok (IDNT)


Liburan sendirian mungkin bikin kamu bingung ingin mencoba aktivitas di sekitar penginapan, beberapa hal ini bisa dilakukan dengan mudah tanpa bantuan orang lain.

Solo traveling sudah menjadi salah satu hal populer yang banyak dijadikan sorotan oleh travel-blogger atau influencer. Namun, kamu yang introvert sekalipun mungkin bingung saat sedang berlibur sendirian.

Kunci utama yang bisa kamu lakukan saat sedang berlibur sendirian adalah memilih penginapan dengan fasilitas yang nyaman dan dekat dengan pusat keramaian.

Nah, berikut ini 5 hal seru yang bisa kamu lakukan saat sedang berlibur sendirian.

1. Olahraga


Saat sudah bekerja, beberapa orang selalu punya banyak alasan untuk menunda olahraga. Hal baik yang seharusnya dijadikan sebagai rutinitas ini selalu kalah dengan deadline, janji temu dengan klien, atau terlambat bangun pagi.

Nah, kalau sedang berlibur sendirian, kamu tentu punya banyak waktu untuk berolahraga. Jika perlu, kamu bisa sengaja memilih penginapan yang punya fasilitas gym atau kolam renang.

Hal ini memungkinkan kamu untuk membiasakan diri untuk ‘bergerak’ agar bisa tetap termotivasi saat kembali dengan kesibukan di kantor.


2. Wisata kuliner


Nah, salah satu keuntungan kalau kamu menginap di pusat keramaian adalah lokasi yang dekat dengan berbagai kuliner lokal. Mungkin beberapa resto populer yang sering antre bisa dipesan dengan layanan ojek online. Kamu tinggal tunggu makanan enak datang sambil mengejar ketertinggalan nonton serial favorit, deh.

Meskipun hanya berniat untuk staycation, sempatkan untuk setidaknya pergi wisata kuliner dengan datang ke tempat penjualnya langsung, ya. Hal ini akan memberikan kamu pengalaman yang lebih memuaskan, terutama kalau harus merasakan antre dan ternyata rasa makanannya benar-benar layak untuk dicoba.


3. Memotret


Tidak punya skill memotret? Kalau kamu berencana liburan dan sudah beli tiket pesawat ke lombok, pasti tidak akan melewatkan kesempatan untuk mengabadikan suasana dengan memotret.



Ya, begitu pula dengan banyak panorama alam lainnya di Indonesia. Meskipun pergi sendirian, kamu bisa sengaja membawa kamera untuk mengabadikan suasana. 

Tidak rugi, kok, meluangkan waktu untuk berjalan-jalan di sekitar kota untuk memotret. Bukan tidak mungkin, kamu malah bisa bertemu orang lain dengan kegiatan yang sama dan bisa diajak memotret bersama.


4. Menulis jurnal perjalanan


Nah, buat kamu yang suka menulis, tapi terlalu sibuk untuk menulis diary, bisa coba untuk menulis jurnal perjalanan. Mungkin kamu sudah terbiasa membuat ‘jurnal’ perjalananmu secara tidak langsung dengan update di media sosial, tapi pernahkah benar-benar menulis jurnal perjalananmu sendiri? Ya, kamu bisa membawa buku catatan kecil untuk menulis semua pengalaman liburanmu. 

Buku catatan ini bisa kamu isi dengan rencana perjalanan, foto atau gambar (doodle), dan tentunya dilengkapi cerita mengenai perjalanan liburanmu. Kamu bisa lebih leluasa bercerita dalam sebuah jurnal karena ceritanya tidak di-publish untuk umum. Jadi, bisa lebih ekspresif, deh.


5. Ikut kelas keterampilan


Kapan lagi bisa ikut kelas memasak, membuat batik, atau membuat pot tanah liat? Kalau liburan bareng teman, belum tentu temanmu mau diajak berdiam di satu tempat selama berjam-jam.

Nah, kalau pergi sendirian ‘kan, bebas mau melakukan apa saja. Belum lagi kalau memilih untuk ikut kelas di kota lain yang memang punya ciri khas, pasti pengalamannya lebih seru dan tidak terlupakan.

Jadi, sudah tidak perlu bingung lagi kalau mau berlibur sendirian, deh. Tinggal beli tiket pesawat, pilih penginapan yang nyaman, dan lakukan kegiatan yang kamu suka selama berlibur! [A]
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search