Tips Mudah Hafal Al-Qur'an Hanya 2 Tahun

- Agustus 25, 2019


TIPS MUDAH MENGHAPALKAN AL-QUR'AN DENGAN CEPAT HANYA 2 TAHUN

Menghapalkan al-Qur'an merupakan dambaan dan impian bagi banyak kaum muslimin. 

Betapa tidak, sebuah anugerah karunia yang tidak ternilai bagi orang yang mampu menghapalkan al-Qur'an. Orang yang hapal al-Qur'an akan memperoleh kemuliaan di dunia dan di akhirat. 

Seseorang yang ada hapalan ayat-ayat suci kalamullah di dadanya akan senantiasa memperoleh cahaya penerang yang membuat hidupnya berlimpah keberkahan, ketenangan, ketentraman serta kebahagiaan.

Rasanya tidak akan ada habisnya membicarakan kelebihan dan keutamaan bagi para penghapal al-Qur'an. 

Cukuplah satu hadits Nabi Saw yang menyatakan bahwa kelak para penghapal al-Qur'an di surga akan dijadikan para malaikat bararah atau satu shaf masuk dalam kelompok para malaikat al-muqarrabin.

Hal itu disebabkan bacaan al-Qur'annya yang kelak akan senantiasa meningkat kemuliaannya dari setiap huruf hapalannya dari bacaan al-Qur'annya yang terus meningkat maqam derajat kemuliannya di sisi Allah.

Namun, dari sekian banyak orang yang bercita-cita menghapalkan al-Qur'an, hanya sedikit yang benar-benar serius dan yakin untuk merampungkan hapalannya hingga khatam 30 juz al-Qur'an. Apa pasalnya?

Sebab, kebanyakan mereka terlalu cepat putus asa. Banyak yang tidak berani bermimpi. Bermimpi saja, tidak berani, apalagi mewujudkannya. Banyak yang memvonis, 

"Ah, saya tidak mungkin bisa mampu menghapalkan al-Qur'an!" atau komentar, "Al-Qur'an itu sulit dihapalkan!", "Saya tidak berbakat!", "Saya pelupa!" dan berbagai alasan klise lainnya. 

Padahal menghapalkan al-Qur'an itu mudah. Serius sangat mudah. Asal syaratnya, kita serius. Kalau Anda serius, Anda bisa menghapalkan dalam waktu 2 tahun saja. 

Jika Anda tidak mampu 2 tahun, targetkan 4 tahun. Tidak tercapai 4 tahun, targetkan 8 tahun. Tidak tercapai juga, targetkan 10 tahun. Ya, kalau Anda serius, saya pastikan 10 tahun Anda sudah hapal al-Qur'an! 

Coba dihitung dari umur sekarang!

√ Jika Anda berumur 30 tahun, maka usia 40 tahun sudah hapal al-Qur'an.

√ Jika usia Anda 40 tahun, usia 50 tahun sudah bisa hapal al-Qur'an.

√ Jika Anda berusia 50 tahun, maka bisa hapal usia 60 tahun.

Apakah mungkin orang bisa hapal al-Qur'an usia lanjut?!!

Ada banyak kasus para penghapal al-Qur'an usia lanjut yang memulai menghapalkan al-Qur'an pada usia 60 tahun. Abu Musa, salah satu contohnya, seorang sopir taxi yang baru menyelelesaikan al-Qur'an-nya di usia senja.

Ia memanfaatkan waktu bekerjanya menyetir dengan cara mendengarkan murattal dan mengulang-ngulang ayat perayat, surah per-surah hingga khatam. Masya Allah!

Baiklah! Saya ingin berbagi tips sederhana bagaimana mempersiapkan menjadi penghapal al-Qur'an.

1. Niat

Tanamkan niat untuk menghapalkan al-Qur'an. Tanpa niat, selama hidup Anda tidak akan pernah mampu menghapalkan al-Qur'an. 

Orang yang memiliki niat, akan mampu mengarahkan hidupnya untuk berbagi dengan al-Qur'an, meluangkan waktu untuk membaca dan muraja'ah mengulang hapalan al-Qur'annya, dalam kondisi dan situasi sesibuk apa pun.

Tanamkan niat ikhlas, bahwa hapalan al-Qur'an Anda kelak akan menjadi sebagai syafaat serta cahaya penerang yang kelak akan Anda bawa ke kampung akhirat. Tanpa al-Qur'an, siapa yang akan membela Anda di pengadilan Allah?!!

2. Siapkan Mushaf Tahfidz

Bagi para penghapal al-Qur'an, dipastikan mereka pasti memiliki mushaf khusus yang cocok bagi mereka. Mushaf sangat mempengaruhi bagi seorang penghapal al-Qur'an. Mushaf yang sering berganti-ganti, akan sangat berpengaruh bagi ingatan.

Pastikan Anda memiliki Mushaf Tahfidz atau yang biasa disebut dengan istilah "Mushaf Pojok" yang memang khusus diperuntukkan bagi para penghapal al-Qur'an. 

Ada banyak jenis dan cetakan Mushaf Tahfidz, ada yang terdiri dari 15 paragraf, ada pula yang terdiri dari 30 paragraf atau lebih. Hal itu, sangat membantu dalam mengingat posisi ayat atau sambungan urutan ayat dalam menghapal.

3. Mulai Menghapal Dari Surah-Surah Panjang

Nah, tips ini bagian dari metode tahfidz yang kami kembangkan di DMQ [Daar Mafaatihil Qur'an] untuk melatih para penghapal pemula menguatkan ingatannya.

Boleh jadi, pada metode lain, biasanya memulai menghapal dari surah-surah pendek, namun kelemahannya akan menemui kesulitan jika masuk ke surah-surah panjang di sepuluh juz pertama. 

Metode DMQ yang kami kembangkan berdasarkan pengalaman kami ketika menghapalkan al-Qur'an yang relatif mudah menghapalkan surah-surah pendek pada juz sepertiga akhir al-Qur'an.

Metode ini yang sedang kami kembangkan di Ma'hadz Tahfidz al-Qur'an [DMQ] "Daar Mafaatihil Qur'an" bekerjasama dengan Hafilik Kur'an YSRN Turki yang insya Allah kami memiliki target bagi santrinya untuk hapal al-Qur'an 30 juz dalam waktu relatif singkat hanya dalam waktu 2 tahun biiznillah.

Berminat bergabung bersama kami.

Daftarkan diri Anda atau putra-putri Anda di Ma'had Tahfidz kami di:

1. Markaz DMQ PP. Sibthul Amin. Muara Komam, Kab. Paser Kalimantan Timur. (Pengasuh: KH. DR. Miftahur Rahman, MA)

2. Cabang DMQ Jaro Jl. Penghijauan Kampung Jawa Jaro Kab. Tabalong Kalimantan Selatan (Pengasuh: KH. DR. Miftahur Rahman, MA)

3. PELMA Tanjung Selatan Kab. Tabalong Kal-Sel (Pengasuh: KH. Irham, SP.d)
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search