Tiga Waktu Terbaik Membaca Ayat Kursi dan Manfaatnya

- Agustus 26, 2019
waktu terbaik membaca ayat kursi

Ayat kursi memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Ayat Al Quran yang paling agung ini bermanfaat untuk perlindungan dari gangguan jin dan syetan, hingga membuat pembacanya masuk surga.

Lalu kapan waktu terbaik membaca ayat kursi? Berikut ini tiga waktu terbaik membaca ayat kursi.

Setelah Sholat Fardhu


Waktu terbaik pertama membaca ayat kursi adalah setelah sholat fardhu. Dengan merutinkan membaca ayat kursi sebagai dzikit setelah sholat, Allah akan memasukkan kita ke surga-Nya. Insya Allah.

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَ كُلِّ صَلاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ الْجَنَّةِ، إِلا الْمَوْتُ

“Barang siapa membaca ayat kursi sehabis setiap sholat fardhu maka tiada penghalang baginya untuk memasuki surga kecuali hanya mati.” (HR. Thabrani)

Bahkan dalam hadits lain disebutkan bahwa keutamaannya seperti pahala mati syahid.

من قرأ آية الكرسى دبر كل صلاة كان الذى يلى قبض روحه ذو الجلال والإكرام وكان كمن قاتل عن أنبياء الله ورسله حتى يستشهد

“Barangsiapa membaca ayat kursi setiap selesai sholat, maka yang akan mencabut nyawanya adalah Allah sendiri dan ia bagaikan orang yang berperang bersama para nabi hingga mendapatkan mati syahid.” (HR. Hakim)

Pagi dan Petang


Waktu terbaik membaca ayat kursi berikutnya adalah di waktu pagi dan petang. Sebagai dzikir pagi dan petang. Keutamaannya, sebagaimana sabda Rasulullah, ia akan dilindungi Allah dari berbagai gangguan khususnya gangguan jin.

إِذَا قَرَأَتْهَا غُدْوَةً أُجِرَتْ مِنَّا حَتَّى تُمْسِيَ ، وَإِذَا قَرَأَتْهَا حِيْنَ تُمْسِي أُجِرَتْ مِنَّا حَتَّى تُصْبِحَ

“Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga pagi. Siapa yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi hingga petang.” (HR. Al Hakim)

Sebelum Tidur


Waktu terbaik membaca ayat kursi berikutnya adalah sebelum tidur. Ketika ayat kursi dibaca sebelum tidur, keutamannya, ia akan dijaga Allah hingga pagi, dihindarkan dari gangguan jin termasuk gangguan dalam bentuk mimpi buruk.

Hal itu sebagaimana perkataan jin sendiri kepada Abu Hurairah setelah tertangkap saat mencuri zakat. Sebagaimana diriwayatkan Imam Bukhari.

“Lepaskanlah aku. Aku akan mengajarkan kepadamu beberapa kalimat yang akan membuatmu mendapat manfaat dari Allah karenanya,” kata jin tersebut.

“Kalimat-kalimat apakah itu?”

“Apabila kamu hendak pergi ke peraduan, maka bacalah ayat kursi. Sesungguhnya engkau akan terus menerus mendapat pemeliharaan dari Allah dan tiada setan yang berani mendekatimu hingga pagi hari.” Maka aku lepaskan dia.

Abu Hurairah pun lantas melepaskannya.

Pada pagi harinya, Rasulullah bertanya kepada Abu Hurairah. Setelah Abu Hurairah menceritakan semuanya, maka Nabi bersabda, “Ingatlah sesungguhnya dia percaya kepadamu tetapi dia sendiri banyak berdusta. Hai Abu Hurairah, tahukah kamu siapa yang kamu ajak bicara selama tiga malam itu?” Abu Hurairah menjawab, “Tidak.” Nabi bersabda, “dia adalah setan.”

Demikian tiga waktu terbaik membaca ayat kursi. Semoga kita dimudahkan Allah untuk mengamalkannya dan dikarunian Allah keutamaannya. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/Tarbawia]

*Pembahasan lengkap mulai dari keutamaan, manfaat dan tafsirnya bisa dibaca di Bacaan Ayat Kursi
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search