Adab Hari Jum'at

- September 06, 2019

Adab Hari Jum'at ditulis oleh Imam Al Ghazali dalam buku Bidayatul Hidayah. Sebuh buku tipis yang mengandung banyak hikmah untuk kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. 

Selain adab Hari Jum'at, Imam Al Ghazali juga mengajarkan berbagai hal penting terkait ketaatan, cara menghindari dosa dan berhubungan dengan sesama manusia dalam buku tipis ini.

"Ketahuilah bahwa Hari Jum'at merupakan hari raya bagi orang-orang beriman. Jum'at merupakan hari mulia yang khusus diberikan kepada ummat Islam dari Allah yang Maha Mulia lagi Maha Agung.

Pada Hari Jum'at ada saat-saat yang penting bagi ummat Islam, yaitu saat seorang Muslim memohon sesuatu kepada Allah Ta'ala di hari itu niscaya Allah Ta'ala akan mengabulkan doa dan permohonannya."

Bersiap Sejak Kamis


Oleh karena penting dan agungnya Hari Jum'at, Imam Al Ghazali memberikan nasihat agar ummat Islam bersiap diri sejak Hari Kamis. 

"Sejak Hari Kamis, bersiaplah untuk menyambut kedatangan Hari Jum'at. Caranya dengan membersihkan pakaian, perbanyak membaca istighfar sejak Kamis sore. Sebab, keutamaan hari Kamis sore mengiringi keutamaan Hari Jum'at.

Jika ada yang berniat menjalankan puasa di Hari Jum'at, maka harus didahului dengan berpuasa pada hari Kamis dan(atau) diteruskan pada hari Sabtu. Karena terdapat larangan berpuasa khusus pada Hari Jum'at."

Jum'at Pagi


"Setelah matahari terbit pada Hari Jum'at, bersegeralah melakukan mandi besar. Sungguh mandi besar pada Hari Jum'at sangat dianjurkan bagi setiap orang yang sudah baligh. Ini sudah menjadi ketetapan syariat yang baku."

Segera Menuju Masjid


"Pakailah pakaian warna putih. Warna putih merupakan warna yang paling disukai Allah Ta'ala. Pakailah parfum terharum yang kau miliki. Bersihkan badan secara sempurna dengan mencukur rambut, menggunting kuku, bersiwak dan cara membersihkan diri lainnya. Berjalanlah ke masjid seawal mungkin. Berjalanlah dengan perlahan dan tenang."

[Tarbawia]

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search