Berantas Dungu, Ini Terobosan Cerdas Anies Baswedan

- September 08, 2019


Agar Jakarta bisa maju berkembang menjadi bagian dari kota global maka warganya harus memiliki tingkat literasi tinggi. Salah satunya adalah dengan kegemaran membaca.

Pagi tadi meluncurkan kampanye #RuangBacaJakarta, yaitu sebuah gerakan membaca di ruang-ruang publik Jakarta. Kita mengajak warga untuk membaca di dalam kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta jurusan Stasiun Bundaran HI menuju Lebak Bulus.

Saya tadi baca buku kisah-kisah inspiratif, kumpulan dari kantor berita Antara. Jadi tadi pinjam bukunya dari ruang baca di stasiun MRT Bundaran HI dan dikembalikan di ruang baca stasiun MRT Lebak Bulus.

Pihak MRT Jakarta menyediakan rak-rak buku di #RuangBacaJakarta setiap stasiun dimana warga bisa mengambil buku tersebut untuk dibaca di kereta dan dikembalikan di stasiun tempat mereka nantinya turun.

Kita ingin agar membaca menjadi kebiasaan, waktu longgar dipakai untuk membaca. Dan di perjalanan dalam Ratangga kesempatan bagi kita membaca bacaan ringan seperti ini yang tadi saya baca.

Kita menyambut baik kalau masyarakat mau menyumbangkan buku di drop box yang sudah disediakan. Tapi pesan saya sumbang bukunya yang memang bisa leluasa dibaca pada waktu pendek karena durasi peminjaman sebentar.

Kita berharap nantinya gerakan #RuangBacaJakarta menular ke ruang publik atau fasilitas umum di Jakarta, kita akan dorong lebih banyak rak buku seperti ini untuk membudayakan baca. [ABW]
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search