Bikin Takjub, Ini Kisah Masuk Islamnya Penerjemah Al-Qur'an ke Bahasa Rusia

- September 08, 2019


Kemarin agak sepi dari pemberitaan, ya memang nggak penting-penting banget sih, tapi sebagai tanda "wafa" dan "zikru mahasinil mauta", sudah sepantasnya lah kita berbelasungkawa dan menitipkan doa.

Ya, beberapa hari yang lalu, 2 September 2019, salah satu dai'yah Rusia, Iman Rusyd, atau Valeria Burukhova meninggal dunia di Moskow. Ibu ini adalah orang pertama yang menerjemahkan Al Quran ke dalam bahasa Rusia, dan sampai hari ini masih dicetak dan dijadikan pedoman terjemahan oleh muslim di Rusia.

Menurut para Ulama muslim di Rusia dan Asia Tengah yang menggunakan bahasa Rusia, dan tentunya para sastrawan Rusia, terjemahan Valeria adalah terjemahan paling indah dan sangat detail. Terjemahan tersebut juga sudah diakui oleh Al Azhar dan resmi dicetak tahun 1997.

Valeria lahir dari keluarga Ortodokx yang cukup fanatik, namun terbuka, sehingga Valeria muda biasa membaca kitab-kitab suci agama lain, dan salah satunya adalah Quran.

Valeria masuk Islam di tangan Dr. Muhammad Rusyd, seorang dai di Rusia yang berasal dari Deir Atiah, Damascus. Merekapun menikah pada tahun 1975, dan pada tahun 1981 mereka kembali ke Damascus. 

Valeria pernah mengatakan, "Aku merasa sudah menjadi muslimah sejak lahir, tapi aku tidak sadar, sampai akhirnya aku membaca Quran yang telah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mengganjal di benakku..."

Selama tahun-tahun di Damascus, Valeria memperdalam ilmu tentang Islam dan belajar tafsir pada ulama-ulama di Suriah, sampai akhirnya menerjemahkan Quran ke dalam bahasa Rusia. Berkat bantuan Dr. Rusyd dan ulama-ulama di Damascus, Valeria berhasil menyelesaikan terjemahan Quran ke dalam bahasa Rusia pada tahun 1991.

Inshallah, terjemahan itu akan menjadi amal jariah bagi Ibu Iman Valeria Rusyd. Valerina menutup usia 79 tahun, Semoga Allah menerima amalan beliau, dan mengampuni segala khilafnya. [Ustadz Saief Alemdar]
Advertisement

1 komentar:

avatar

رحمها الله رحمة واسعة


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search