Rumah konsep pesanstren

Jalur Sepeda dan Tantangan Anies

- September 21, 2019


Oleh: Dr. Syahganda Nainggolan, 

(Jakarta Development Initiative,
alumni Paska Sarjana Studi Pembangunan ITB, pernah bermukim di Rotterdam, Belanda)

Alkisah menteri dari Jakarta berkunjung ke Denhaag, Belanda di era orde baru untuk meminta bantuan uang dan berbagai bantuan kerjasama kepada pemerintah Belanda. Dengan mobil mewah khas pejabat Indonesia jika berkunjung ke luar negeri, saat itu, plus jas dan sepatu mewah, berusaha memberikan impresi tingginya pejabat Indonesia yang sedang berkunjung ini. Di tengah jalan mendekat Binnenhof, tempat perdana menteri dan para menteri Belanda bekerja, menteri Indonesia ini terkaget2 melihat Perdana Menteri Belanda dan menteri yang akan dia temui sedang di sisi jalan menuju kantor naik sepeda.

Sebenarnya menteri itu tidak perlu kaget kalau mengetahui moda transportasi sepeda di Belanda hanyalah sebuah opsi atau alternatif orang2 bepergian ke kantor, belanja, jalan2 dengan anak bayinya, berpacaran, dll. Alternatif artinya pilihan itu sama baiknya dengan mengendarai mobil ataupun transportasi umum. Sebagai gambaran saja, jumlah mobil per 1000 penduduk di Belanda adalah 487 (2017), sedang di Indonesia hanya 87 mobil (2015).

Jakarta saat ini tengah membangun 17 jalur sepeda.Keinginan Anies mempercepat jalur sepeda di Jakarta meliputi 17 jalur pada tahun ini. Jalur itu terbentang dari Jl. Pemuda di Jakarta Timur, menuju Jl.Pramuka, lalu Jl. Dipanegoro, Jl. Matraman, Jl. Imam Bonjol, Jl. Thamrin dan Jl. Merdeka Selatan di Jakarta Pusat. Anies Baswedan beberapa hari lalu mencoba bersepeda melihat rute2 jalur sepeda yang akan dibangun itu. 

Tentu ini sebuah pekerjaan besar bagi Anies. Sebab, persoalan bersepeda bukan hanya persoalan infrastruktur, namun juga soal kultur. Begitupun, ini harus dipecahkan, sebab kecaman dunia bahwa Jakarta tempat terpolusi di dunia harus dipatahkan. 

Ya, Jakarta telah ditetapkan sebagai tempat terpolusi di dunia. Orang2 mencaci Anies Baswedan. Pencaci maki Anies ini tidak mencaci maki Jokowi meski bertanggung jawab atas kematian bayi akibat asap kebakaran hutan  atau ular2 langka berkaki tiga di Riau, atau ular ular besar dan anak2 monyet di Kalimantan. Mungkin karena Anies berkuasa atas sebuah kota, di mana orang2 pintar bermukim, gampang dilihat dan dihina.

Rencana mendorong moda transportasi sepeda Ini adalah sebuah revolusi perkotaan. Yang dapat ditiru kota2 lain berdataran rendah/tidak berbukit. Jika sepeda bisa menjadi andalan transportasi masyarakat Jakarta sebanyak 5%-10%, maka reduksi polusi udara akan menurun drastis.

Tentu strategi ini komplementer dengan strategi transportasi secara umum, yakni meliputi juga pengembangan trotoar lebar untuk pejalan kaki dan berbagai kemudahan transportasi publik, yang mengurangi pemakai sepeda motor, khususnya, dan mobil.

oh, ya, saat ini jumlah sepeda motor yang digunakan di Jakarta mencapai sekitar 15 juta. Menurut KPBB (Komite Penurunan Bensin Bertimbal), kontribusi motor ini pada polusi udara mencapai kisaran 45%. Dan industri motor serta pejabat kementerian industri selalu berpikir pasar otomotif harus dikejar terus, karena masih jauh dibanding, misalnya, Taiwan. Di Indonesia perbandingan motor dan orang, 1 motor untuk 4 orang, sedang di Taiwan sudah 1:1. Namun, pikiran ini tidak menghiraukan aspek non marketing, seperti jalan yang over kapasitas serta polusi yang mematikan.

Tantangan Anies


Saya mengetahui beberapa pejabat DKI bersepeda ke kantor  seperti dulu Sandiaga Uno atau kepala Kesbangpol Taufan Bakri. Namun, sebagaimana juga kelompok "Bike To Work", gerakan pelopor individual atau group seperti itu kurang besar pengaruhnya bagi mendorong diadopsinya moda bersepeda oleh masyarakat luas.

Untuk bersepeda menjadi moda transportasi penting, kehadiran negara sangat penting. Besarnya tantangan yang dihadapi akan dapat di atasi jika pemerintahan DKI all out dalam program ini.

Beberapa tantangan utama adalah sebagai berikut: 1) kultur. Sejak tahun 70 an, ketika sepeda motor membanjiri kita sebagai alat transportasi, sepeda mulai tersingkir. Jogyakarta adalah kota terakhir di mana sepeda menjadi alat penting transportasi. Sejak era 2000an ketika sepeda motor di jual dengan kredit perbankan besar2an, praktis puluhan juta sepeda motor menghiasi jalanan.

pilihan sepeda motor atas sepeda dalam perkembangan awal ditandai dengan alasan status sosial dan prestise, yang bercampur dengan keperluan inti sebagai alat transportasi itu. Naik sepeda ke sekolah dianggap berstatus sosial rendah.

Fase motor sebagai status sosial mereda ketika kemampuan masyarakat membeli motor merata. Namun, keterlanjuran terjadi, sepeda sebagai alat transportasi sudah hilang dari ingatan masyarakat kita.

Ketika gerakan bersepeda muncul di era SBY (bike to work), di luar niat mereka yang baik, muncul kesan baru bahwa sepeda2 dalam club itu adalah sepeda2 mahal, yang juga memperlihatkan status sosial mereka. Ini khas anak2 alumni Amerika, Andi Malarangeng dkk, di mana sepeda dan gaya hidup berhubungan, sebaliknya tidak di Belanda. Sehingga, praktis belum mendorong niat berbagai kelompok sosial, khsususnya kelas bawah, ikut bersepeda.

2) tantangan kedua adalah dari industri otomotif.

Industri otomotif mencatat penjualan sepeda motor sebanyak 6,3 juta unit tahun lalu. Belum lagi penjualan mobil sekitar 1,1 juta. Pembelinya bisa dipastikan dominan di Jabotabek. Bisa dipastikan mereka ini akan terganggu jika moda bersepeda digemari masyarakat.

3) Ruas jalan sepeda. Tantangan atas ruas jalan sepeda adalah sebagai berikut. a)  ruas jalan ini harus terlindungi dari kenderaan bermotor. Seperti jalan busway, jalur sepeda tidak boleh hanya dipisahkan oleh garis atau perbedaan warna. Dibeberapa tempat seperti itu, umumnya tidak dihiraukan motor dan mobil. Apalagi di Jakarta, trotoar pejalan kaki saja sering dijalani motor. Jadi ruas jalan ini harus aman. 

b) jalan sepeda ini harus di desain bisa memudahkan orang2 menuju tujuannya. Mudah artinya selain jalur utama yang 17 jalur, harus dibangun jalur cabang ke dalam blok bisnis dan perkantoran, sehingga tujuan akhir bersepeda benar2 maksimal.

c) jalur sepeda harus nyaman. Panas dan debu di Jakarta harus dikurangi serangannya kepada persepeda. Seperti membangun titik ber AC/blower kipas berair, peneduh, dll. Di beberapa ruas jalan di Kuala Lumpur, misalnya, ada trotoar yang diteduhi atap, yang bisa di contoh.

4) Ketersedian sepeda. Pemerintah DKI perlu menyediakan sepeda (sewa atau gratis) pada rute jalur sepeda dan di beberapa distrik/blok perkantoran atau bisnis tertentu. Hal ini untuk mendorong munculnya kegemaran bersepeda dikalangan eksekutif dan masyarakat. Juga menyediakan gerbong khusus kereta api dan MRT untuk membawa sepeda (di Belanda untuk diluar jam sibuk).

5) Keteladanan. Pemimpin2 DKI harus menjadi teladan dalam menggunakan transportasi sepeda. Jika simbol pejabat DKI identik dengan mobil mewah, maka gerakan bersepeda ini akan kandas. Sebab, rakyat tetap membutuhkan contoh bahwa bersepeda itu tidak mengenal kelas atau golongan masyarakat. Hanya menteri Indonesia (jaman dulu) yang bingung melihat menteri dan perdana menteri di Belanda bersepeda. Jika Anies biasa bersepeda, maka rakyat Jakarta akan senang juga bersepeda.

Itulah mungkin beban Anies dalam mewujudkan moda transportasi sepeda sebagai andalan Jakarta. Beban itu harus ditempuhnya, demi menghalau polusi dan menjadikan rakyat Jakarta sehat, segar, bugar, dan menghemat pengeluaran bensin.

Semoga Anies dan jajarannya berhasil.
Advertisement

1 komentar:

avatar

Good job pak anies, buat peraturan hanya mobil dan motor listrik boleh masuk rasa utama jalan di jakarta


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search