Tolak Bertemu Jokowi, BEM Seluruh Indonesia Ajukan 2 Syarat Berat

- September 27, 2019

BEM Seluruh Indonesia (BEM SI) menolak bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara. BEM SI hanya mau bertemu dengan Jokowi jika dua syarat yang diajukan dipenuhi oleh pemerintah.

BEM SI hanya mau bertemu dengan Jokowi jika dilangsungkan di tempat terbuka dan disiarkan secara langsung di televisi nasional.

"Dilaksanakan secara terbuka dan dapat disaksikan langsung oleh publik melalui kanal televisi nasional." demikian bunyi tuntutan resmi yang disampaikan melalui akun official BEM SI.

Syarat kedua, BEM SI meminta Presiden menyanggupi permintaan mahasiswa yang membawa aspirasi masyarakat dalam Maklumat Tuntaskan Reformasi.

"Presiden menyikapi berbagai tuntutan mahasiswa yang tercantum di dalam ‘Maklumat Tuntaskan Reformasi” secara tegas dan tuntas." tambahnya.

Berikut rilis lengkap sikap BEM SI terkait undangan pertemuan dengan Presiden Jokowi.


SIKAP Aliansi BEM SI Terhadap Ajakan Pertemuan dengan Presiden Jokowi

Bahwa sesungguhnya setiap aspirasi mahasiswa berasal dari kantung-kantung kegelisahan masyarakat akibat tidak sesuainya kebijakan negara dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Seluruh aksi demonstrasi ini tidak akan terjadi apabila negara mau membuka diri serta mampu mendengar apa yang diinginkan oleh masyarakat.

Selama ini suara mahasiswa tidak banyak dipertimbangkan dalam proses pembuatan kebijakan negara. Akhirnya, mahasiswa datang kepada penguasa menuntut ruang partisipasi yang memungkinkan suara mahasiswa bisa didengarkan. 

Dalam sejarah lima tahun kepemimpinan Presiden Jokowi, ruang dialog dengan pemerintah sangat terbatas. Aliansi BEM SI pernah diundang ke Istana Negara satu kali pada 2015. Akan tetapi, undangan tersebut dilakukan diruang tertutup. Hasilnya jelas, gerakan mahasiswa terpecah. 

Kami belajar dari proses ini dan tidak ingin menjadi alat permainan penguasa yang sedang krisis legitimasi publik, sehingga akhirnya melupakan substansi terkait beberapa tuntutan aksi yang diajukan. 

Kami rasa tuntutan yang diajukan telah tersampaikan secara jelas di berbagai aksi dan  jalur media. Sehingga sejatinya yang dibutuhkan bukanlah sebuah pertemuan, melainkan tujuan kami adalah sikap tegas Bapak Presiden memenuhi tuntutan. 

Dengan demikian, menyikapi ajakan pertemuan dengan Presiden Jokowi, Aliansi BEM Seluruh Indonesia hanya bersedia bertemu dengan Presiden apabila:

1. Dilaksanakan secara terbuka dan dapat disaksikan langsung oleh publik melalui kanal televisi nasional.

2. Presiden menyikapi berbagai tuntutan mahasiswa yang tercantum di dalam ‘Maklumat Tuntaskan Reformasi” secara tegas dan tuntas.

Pertemuan tersebut harus menjamin bahwa nantinya akan ada kebijakan yang konkret demi terwujudnya tatanan masyarakat yang lebih baik. 

Hidup Mahasiswa!
Hidup Rakyat Indonesia!

Selengkapnya di : 
http://bit.ly/SikapUndanganJokowi-BEMSI
_________________________
Tertanda,
Koordinator Pusat Aliansi BEM SI
M. Nurdiansyah (0877-2341-9873)
Advertisement

23 komentar

avatar

Mantap...ade2 mhs...!!!

avatar

Sebagai generasi penerus mahasiswa harus begitu punya sikap yang teges dan tegas.

avatar

Apa yang disampaikan oleh BEM seluruh Indonesia tentang agenda pertemuan tersebut, menunjukkan bahwa mereka generasi terpelajar dan cerdas.

avatar

hidup mahasiswa kalian adalah pintu kesejahteraan rakyat

avatar

Mantulllllll...siiippp adek2x ku...mahasiswa adalah kaum intelektual n berakhlak...dipundakmulah nasib bangsa ini kau pikul...semoga bangsa kita menjadi bangsa yg beradab n terhormat...

avatar

Salut bagi mahasiswa yg jeli melihat kemungkinan adanya jebakan di balik agenda pertemuan. Berjuanglah terus dan selalu istiqomah di jalan kebenaran.!

avatar

Semangat buat generasi penerus bangsa smoga kalian selalu dlm perlindungan Allah SWT Aamiin

avatar

Ini sikap pemuda yang luar biasa, jaga Marwah perjuangan kalian...semoga senantiasa dalam kebaikan

avatar

Tdk sia" orang tua kalian bersusah payah mengkuliyahkan kalian adeq" mahasiswa, teruslah suarakan aspirasi masyarakat yg kurang tau politik ini,demi sejahteranya rakyat indonesia

avatar

Semoga Allah Swt melindungi dan menjaga kalian adik2ku dan semoga Allah Swt membuka hati para pemimpin disana...aamiin

avatar

Semoga allah melindungi kalian dalam menyampaikannya ke oak jokokok para mahasiswa.. kalian luar biasa..

avatar

Semangat Bung Tomo semoga selalu terpatri di dalam dadamu adik-adik Mahasiswaku demi kedaulatan dan kemajuan Negara kita Indonesia.

Mahasiswa Berdaulat untuk NKRI

avatar

Keren cerdas pokoknya

avatar

Berat banget ini mah syaratnya... kyk ngadirin sidang PBB...

avatar

Keren adik2 mahasiswa. Jaga selalu marwah perjuangan kalian..

avatar

Bagus setuju dan mahasiswa yg berwibawa

avatar

Jika Pemerintahan tidak bisa tegas dalam mengambil sikap atas permasalahan selama ini maka sikap dan kebijakan yang sangat tegas yang di ambil oleh rekan rekan BEM SI saat ini merupakan hal yang sangat TEPAT. Karna saat ini hanya melalui MAHASISWA SI lah aspirasi dan keluh kesah masyarakat selama ini bisa tersampaikan kepada pemerintahan.

avatar

Luar biasa adek2ku.. Kalian adalah garda terdepan dlm menyalurkan keluh kesah rakyat.. Kalian ujung tombak aspirasi.. Semangat, jgn mudah terkecoh dgn bujuk rayu mediasi yg tdk transparan yg akhirnya melahirkan kegelisahan rakyat.. Teruslah berjuang, demi ibu pertiwi dan generasi nanti..

avatar

Jangan sampai kalian semua termakan rayuan penguasa,,,
Dan pada akhirnya kalian hanya dijadikan alat pelindung pemerintah,,,
Jaga taring kalian jgn sampai ompong seperti fahri cs yg awalnya saja tajam kesininya tumpul,,(gila kekuasaan)

avatar

jaga terus persatuan kalian... jangan sampai terpecah belah.. semoga kalian kelak menjadi pemimpin yang amanah pengganti mereka semua.. lanjutkan perjuangan revormasi kami terdahulu.. untuk mewujudkan bangsa indonesia yg adil dan makmur.. semoga Allah selalu melindungi setiap langkah kalian... Allahuakbar!!!!!!

avatar

Mantap
hidup mahasiswa
Kalo tidak mahasiswa yang bergerak menumpaskan rezim-rezim siapa lagi

Takbir. Allahu akbar


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search