Blak-Blakan Soal Dalang Tragedi Wamena, Indra J Piliang: Identifikasi Aktornya

- Oktober 04, 2019

Indra J Piliang yang pernah diberi tugas meneliti konflik di Papua blak-blakan mengungkap siapa dalang di balik tragedi Wamena.

Menurut Indra, cara identifikasinya bisa dilakukan.

"Kalau kita mencari dalang tentu bisa. Kenapa? Karena aktor-aktor yang bergerak bisa diidentifikasi dari (keterangan) masyarakat (yang menjadi korban). Karena ada korban dari Minang, Enrekang, Jawa." kata Indra dalam diskusi Dua Sisi TV One, Kamis (3/10/19) malam. 

Indra menyampaikan apresiasi kepada warga Papua yang telah menolong korban dari kerusuhan yang ditimbulkan oleh kelompok bersenjata.

"Berterimakasih kepada mama-mama, (karena) yang melindungi yang lain (korban) juga dari warga Papua. Yang melindungi para pendatang dari sergapan para pengacau juga orang Papua." tambah Indra.

Indra menjelaskan, tragedi Wamena merupakan kombinasi antar berbagai kejadian awalan yang dimanfaatkan oleh kelompok separatis.

"Gejolak yang dimanfaatkan oleh kelompok separatis, kelompok kecil. Tapi karena bergerak banyak, ditimpa masalah lain sehingga daya hancurnya begitu kuat." tegas Indra. []
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search