13 Peristiwa Penting di Bulan Rajab

- Februari 25, 2020


13 Peristiwa Penting di Bulan Rajab
Oleh: Ust. DR. Miftah el-Banjary

Bulan Rajab merupakan bulan ke tujuh dari kalender Hijriyah atau Qamariyah. Bulan Rajab merupakan bulan yang istimewa, karena pada bulan ini terjadi beberapa peristiwa besar. 

Bangsa Arab tempo dulu sangat memuliakan bulan ini, antara lain adalah dengan melarang terjadinya peperangan atau pertumpahan darah pada bulan ini. 

Tak terhitung peristiwa-peristiwa besar dan bersejarah bagi umat Islam di dunia. Yuk, kita simak apa saja peristiwa bersejarah tersebut:

1. Isra Mi’raj. 

Sebuah perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dari Masjid al-Haram di Makkah menuju Masjid al-Aqsha di Palestina, kemudian naik ke langit ke tujuh dan menghadap Allah Swt sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat al-Isra’ ayat 1.

Peristiwa besar ini terjadi pada tanggal 27 Rajab pada masa Nabi Muhammad Saw. Oleh sebab itu, setiap tanggal 27 Rajab, umat Islam selalu memperingati Isra’ Mi’raj. Selain sebagai bentuk syukur, juga untuk mengenang sejarah besar umat Islam.

2. Disyariatkan Shalat 5 Waktu.

Seiring terjadinya peristiwa Isra’ Mi’raj, Allah memerintahkan Rasulullah untuk pertama kalinya, mengerjakan shalat 5 waktu. 

Awalnya jumlah shalat yang Allah wajibkan sebanyak 50 raka'at, tapi oleh para nabi yang lain, Rasulullah dianjurkan untuk meminta keringanan kepada Allah.

Allah kemudian mengabulkan permintaan Rasulullah dan mewajibkan beliau hanya 5 shalat saja, yaitu Subuh, Zuhur, Asar, Maghrib, dan Isya.

3. Perubahan Arah Kiblat.

Perubahan arah kiblat dari Baitul Maqdis (Masjid al-Aqsha) ke Ka’bah di Makkah terjadi pada pertengahan bulan Rajab, setelah Rasulullah Saw hijrah ke Madinah. 

Adapun hikmah dari perpindahan arah kiblat adalah untuk menguji keimanan umat Islam dalam beribadah kepada Allah SWT.

4. Nabi Saw Hijrah ke Ethopia

Untuk pertama kalinya, Nabi Saw melakukan hijrah yang pertama kalinya ke Habasyah di bulan Rajab tahun ke lima kenabian.

Pada bulan Rajab tahun kelima Hijriyah, Rasulullah memerintahkan pengikutnya untuk berhijrah ke Habasyah, atau Ethiopia saat ini.

Kala itu, Habasyah diperintah oleh seorang raja yang bijaksana bernama Najasyi. Hijrah tersebut dilakukan untuk menyelamatkan umat Islam dari gangguan kaum kafir Mekah yang sangat memusuhi mereka.

Seperti kita tahu, pada masa-masa awal dakwah Rasulullah di Mekah, banyak orang kafir yang menolak risalah Islam. Tak hanya menolak, mereka juga memusuhi Rasulullah dan orang-orang yang beriman kepada beliau.

5. Kelahiran Sayyidina Ali bin Abi Thalib.

Pada tanggal 13 Rajab adalah hari kelahiran Sayyidina Ali bin Abi Thalib. Ia lahir sekitar 23 tahun pra hijriah/599 Masehi di Makkah, daerah Hijaz, Jazirah Arab. 

6. Kemenangan Umat Islam Dalam Perang Tabuk Serta Kekalahan Bangsa Romawi.

Dalam Perang Tabuk, kaum muslimin menempuh perjalanan yang jauh dari Madinah menuju Syam. Perang ini berlangsung singkat, lantaran Bangsa Romawi gentar dengan pasukan Islam yang berjumlah 30.000 orang.

Dengan izin Allah, pada bulan Rajab Rasulullah saw memenangkan Perang Tabuk yang terjadi pada tahun 9 H.

7. Pertempuran kecil antara utusan Rasulullah Saw “Abdullah bin Jahsy” dengan kelompok dagang kaum Quraisy. 

Pada bulan rajab juga terjadi peperangan kecil antara utusan Rosulullah SAW yang dipimpin oleh Abdullah bin Jahsy, melawan kelompok dagang kaum Quraisy.

8. Pembebasan Kota Damaskus dari kekuasaan bangsa Romawi. 

Pada bulan Rajab, tepatnya pada tahun 14 H/635 M pasukan umat Islam dibawah komando panglima Abu Ubaidah bin al-Jarrah dan Khalid bin al-Walid, berhasil menaklukan kota Damaskus dan menguasainya. Sebelumnya, kota tua nan bersejarah itu dikuasai oleh balatentara Romawi.

Setahun setelah terjadinya pembebasan kota Damaskus, terjadi peperangan Yarmuk di bawah komando Khalid bin al-Walid yang terjadi pada hari senin di bulan Rajab, pada tahun 15 H/636 M.

9. Terjadinya pembebasan kota Hirrah di Irak di bulan Rajab

Pembebasan dilakukan oleh Khalid bin al-Walid. Sebagaimana yang dijelaskan Ibnu Katsir dalam Bidayah wa an-Nihayahnya.

10. Pembebasan Baitul Maqdis dari cengkraman tentara Salib. 

Pada 27 Rajab 583 H/2 Oktober 1187 M, panglima perang umat Islam pada saat itu, Shalahuddin al-Ayyub bersama pasukan umat Islam, mengepung kota Yerussalem untuk membebaskan Baitul Maqdis yang sudah 88 tahun lamanya dikuasai oleh tentara salib. 

Adzan dan Shalat Jum’at pun mulai dikumandangkan dan dilaksanakan kembali di Masjid al-Aqsha.

11. Runtuhnya Khilafah Turki Utsmani.  

Sejarah yang terjadi pada 28 Rajab 1342 H atau 03 Maret 1924 M, adalah runtuhnya Kesultanan Ottoman Turki yang dihapus oleh Musatafa Kemal Ataturk. 

Pasca runtuhnya Kesultanan Ottoman Turki, kehidupan masyarakat Turki berubah, karena Turki menyatakan diri sebagai negara sekuler. Islam yang berfungsi sebagai agama dan sistem hidup, serta bermasyarakat dan bernegara mulai digantikan.

12. Wafatnya Imam Syafi'i

Akhir bulan Rajab, Nashirus Sunnah, yakni Imam Asy-Syafii wafat yang bertepatan pada tahun 204 H. di usianya yang menginjak ke 54 tahun.

13. Wafatnya Imam Muslim

Tanggal 24/25 Rajab 261 H merupakan hari dimana Imam Muslim wafat. Beliau adalah ulama yang disandingkan dengan nama imam Al-Bukhari dalam periwayatan hadis yang biasa disebut dengan muttafaq ‘alaih (hadis yang disepakati). Beliau dilahirkan di Naisabur pada tahun 202 H./817 M. 

Nama lengkapnya adalah imam Abu Al-Husein Muslim bin Al-Hajjaj bin Muslim bin Kausaj Al-Qusyairi Al-Naisaburi.

Naisabur merupakan salah satu kota ilmu dan pusat peradaban di kawasan asia tengah, seperti halnya Baghdad di abad pertengahan dan Bukhara (kota kelahiran imam Al-Bukhari). 

Berkat kesungguhan dan keseriusannya, kitab Shahih Muslim karyanya menjadi urutan kedua kitab hadis paling shahih (otoritatif) setelah kitab shahih Al-Bukhari. 

Selain sebagai perawi handal dan teliti, imam Muslim juga seorang penulis yang produktif. Lebih dari 10 buku beliau tulis yang mayoritas tentang aqidah dan fiqih. Di antaranya adalah Al-Jami’ As-Shahih (Shahih Muslim) dan Al-Musnad Al-Kabir.

Demikianlah enam peristiwa penting yang terjadi di bulan Rajab dalam sejarah Islam. 

Rasulullah pun begitu memuliakan bulan Rajab. Setiap memasuki bulan ini beliau berdoa kepada Allah, “Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban, dan panjangkanlah usia kami hingga bulan Ramadan.”
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search