Jika Tak Sengaja Lihat Korban Corona, Ucapkan Doa Ajaran Nabi Ini

- Maret 18, 2020


tarbawia.net - Pasien positif Corona di Indonesia berjumlah 176 pada Selasa (17/3/20). Di berbagai media beredar video yang diduga pasien Corona, baik yang terjatuh di jalan, stasiun, dan lainnya. 

Jika secara tidak sengaja mendapati kejadian ini, tak perlu panik. Amalkan doa yang diajarkan Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam ini.

Dari sahabat mulia Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam berkata, "Barangsiapa melihat seseorang terkena penyakit, maka ucapkanlah:

الحمد لله الذي عافا ني مما ابتلاك به وفضلني على كثير ممن خلق تفضيلا

Alhamdulillahilladzi 'afani mimmabtalaka bihi wa fadhdholani  'ala katsirin mimman kholaqo tafdhilan (Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkanku dari penyakit yang telah ditimpakan kepada orang itu dan telah memuliakanku dari makhluk-makhluk lain yang juga memiliki kemuliaan)

Maka karena doanya itu, Allah tidak menimpakan penyakit tersebut kepadanya."

Hadits ini memiliki derajat shahih, diriwayatkan oleh Imam At Tirmidzi rahimahullahu Ta'ala dan dinukil oleh Imam An Nawawi dalam kitab Al-Adzkar

Dari jalur sahabat mulia 'Umar bin Khaththab disebutkan tambahan: siapa yang membaca doa ini pasti disembuhkan dari penyakit seperti saat dia belum terkena penyakit. 

Imam An Nawawi menambahkan keterangan: 

Para ulama menyampaikan nasihat, hendaknya seseorang yang membaca doa ini dengan cara sirr (pelan), agar hanya dirinya yang mendengar dan orang lain tidak mendengar. Sebab jika dibacakan jahr (keras), bisa jadi menyakitkan hati orang yang sedang ditimpa penyakit, kecuali jika penyakit yang menimpanya akibat perbuatan maksiat maka tidak apa-apa diperdengarkan. Itupun jika ia tidak takut apabila bacaan keras tersebut bisa mendatangkan kerugian bagi orang lain."

Doa ini tidak terbatas hanya pada sakit karena virus Corona. Semua yang sakit, kemudian kita melihat si sakit, disunnahkan bagi kita yang melihat untuk membaca doa ini sebagai bentuk memohon perlindungan kepada Allah Ta'ala. []
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search