Masjid IPB: Jamaah Tergugah Lewat Laporan Lapangan ARM

- Februari 16, 2021

 

Laporan pandanga


n mata tim Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (ARM HA-IPB) di berbagai lokasi bencana ternyata selalu menggugah rasa solidaritas dan kesetiakawanan sosial para civitas academica IPB. Salah satunya adalah Jamaah Masjid Alumni IPB, khusunya dalam dua peristiwa bencana besar yakni gempa di Sulawesi Barat dan banjir besar di Kalimantan Selatan.

“Berdasarkan informasi yang disampaikan ARM HA-IPB tentang kondisi di lapangan, Subhanallah, begitu dahsyat bencana itu terjadi. Sudah seharusnya sebagai saudara sebangsa kita bahu membahu meringankan beban para korban,” kata Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Alumni IPB Ir. Iman Hilman, M.M. Dewan Kemakmuran Mesjid (DKM) Masjid Alumni IPB tergerak mengumpulkan dana bantuan bagi mereka yang terdampak dua bencana tersebut.

Sehari setelah gempa Sulawesi Barat, DKM Masjid Alumni IPB mulai menggalang dana. Begitu pula saat banjir besar melanda Kalimantan Selatan. Seluruh donasi itu oleh DKM dipercayakan penyalurannya melalui ARM HA-IPB. Sebanyak Rp 6 juta didonasikan untuk warga terdampak gempa di Sulawesi Barat, dan Rp 5 juta untuk para penyintas banjir di Kalimantan Selatan.

“Kami berharap, donasi yang terkumpul dari jamaah Masjid Alumni IPB dapat disalurkan kepada para korban bencana yang membutuhkan, sehingga dapat membantu meringankan beban mereka,” kata Iman Hilman saat penyerahan donasi, yang diterima secara langsung oleh Ketua Umum ARM HA-IPB, Ir. Ahmad Husein M.Si. didampingi Ketua Badan Otonom DPP HA-IPB Ir. Ali Fathoni, di kantor DKM Masjid Alumni IPB, Baranangsiang, Bogor, Jumat, 12 Februari 2021.

Dalam serah terima donasi itu, Iman Hilman mengaku terkesan atas langkah-langkah ARM HA-IPB yang mampu bergerak cepat dalam menggalang semua potensi alumni IPB, dan kemudian menyalurkan bantuan untuk membantu para korban. “ARM bagaikan bayi yang baru lahir, namun mengalami pertumbuhan yang luar biasa dengan semua kiprahnya dalam membantu korban bencan,” ujarnya.

Ketua Umum ARM HA-IPB, Ahmad Husein, mengucapkan terima kasih kepada DKM Masjid Alumni IPB yang telah mempercayakan penyaluran donasi yang mereka kumpulkan kepada ARM HA IPB. “Insya Allah amanah ini akan kami sampaikan kepada saudara-saudara kita yang terkena dampak bencana di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Saat ini ARM HA-IPB tengah merancang aksi ketiga di Sulawesi Barat. Bekerja sama dengan jaringan relawan lokal, aksi ketiga ini akan difokuskan pada pengadaan dan pipanisasi air bersih sepanjang 4 kilometer untuk warga Botteng Utara, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju. Selain itu, bersama warga setempat ARM HA-IPB berencana merenovasi masjid di Dusun Suri, Desa Pasangaan, Kecamatan Tapalang Barat.

Di Kalimantan Selatan, bekerjasama dengan DPD  HA-IPB Kalimantan Selatan yang telah terlebih dahulu bergerak, ARM HA-IPB akan menggelar aksi dengan menyalurkan bantuan dari donasi yang dititipkan para donatur. Rencananya, bantuan akan dipusatkan pada kebutuhan pokok, air minum, penampungan air bersih, kebutuhan khusus untuk para lansia dan wanita, serta bingkisan untuk anak-anak. []

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search