Wahana Muda Indonesia Bangun Rumah Hunian Sementara untuk Penyintas Gempa Sulbar

- Maret 16, 2021

 



Mamuju– Lembaga sosial kemanusiaan  Wahana Muda Indonesia (WMI) masih berkonsentrasi membantu penyitas gempa di Mamuju, Sulawesi Barat. Ketua Umum WMI, Handriansyah mengatakan,  lembaganya sudah menurunkan Tim SAR dari Kota Palu dan Luwu Utara.

Sejumlah program kemanusiaan telah dilakukan WMI, mulai dari pendampingan penyitas, distribusi bantuan kemanusiaan, pembuatan pos pengungsian, dapur kemanusiaan, pembuatan MCK dan sarana air bersih juga pembuatan masjid dan musala sementara.

Terbaru, WMI membangun Rumah Hunian sementara (RHS) di Dusun Pasada, Botteng Utara, Kec. Simboro, Mamuju – Sulawesi Barat. RHS dikhususkan untuk janda, anak yatim/piatu juga duafa.

“Tidak semua warga kita buatkan RHS. Kita fokus pada mereka yang setelah diasesment benar-benar layak dibuatkan rumah,” Kata Handriansyah saat serah terima kunci RHS bersama Bupati Mamuju, Hj. Sutina Suhardi yang dihadiri perwakilan warga, Sabtu (13/3/2021).

Warga yang menerima bantuan RHS adalah mereka yg memiliki rumah dengan kondisi hancur/rusak berat dan tidak bisa kembali dihuni.

Adi (19) th, salah satu penerima bantuan RHS tak kuasa menahan tangis bahagiannya manakala Bupati Mamuju membukakan pintu rumah bantuan untuk dirinya.

Yatim yang menjadi tulang punggung keluarga dengan keahlian memangkas rambut ini selain mendapatkan bantuan RHS juga mendapatkan peralatan memangkas rambut lengkap dari WMI.

Handriansyah menjelaskan, selain RHS, saat ini WMI juga mendistribusikan bantuan triplek/kalsiboard untuk warga yang memiliki rumah dengan kontruksi kayu.

“Kami telah melakukan kajian dan kebanyakan di Kabupaten Mamuju warga memiliki rumah dengan kontruksi kayu namun menggunakan batu bata merah sebagai dindingnya, sehingga banyak dinding rumah warga yang roboh karena pegangannya tidak kuat, hanya menggunakan paku sebagai angkor.” ungkap Handriansyah.

"Namun tiang kayu utama rumah masih aman. Sebagai solusinya kami memberikan bantuan kalsiboard/triplek kepada warga yang memiliki rumah berjenis seperti ini, sehingga warga tidak lagi tidur ditenda pengungsian,” sambungnya lagi.

Bupati Mamuju menyambut baik dan mengapresiasi apa yang telah diberikan WMI untuk warga Mamuju karena sangat tepat dan sangat meringankan beban warganya yang menjadi korban gempa.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Mamuju dan warga Mamuju, saya mengucapkan Terimakasih kepada WMI, semoga apa yang telah dibaktikan oleh WMI di Kabupaten Mamuju berbalas pahala dan berkah,” ujar Bupati.

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search