Rumah konsep pesanstren

Ada 12 Doa Iftitah, Ini yang Pendek Tapi Dahsyat

- Juli 06, 2021

doa iftitah yang pendek


Karena kurang belajar, terkadang orang merasa aneh atau bahkan menyalahkan saat mendapati hal yang berbeda. Termasuk doa iftitah. Karena hanya tahu satu dan meyakini hanya itu yang benar, terkadang seseorang menyalahkan doa iftitah selain yang dibacanya.

Ada begitu banyak doa iftitah yang bersumber dari hadits-hadits shahih. Dalam kitab Sifat Shalat Nabi, ada 12 doa iftitah. Semuanya benar dan tidak boleh disalahkan.

Di antara doa-doa iftitah itu, ada doa iftitah yang sangat pendek tetapi keutamaannya sangat dahsyat. Doa iftitah itu adalah:

الْحَمْدُ لِلَّهِ حَمْدًا كَثِيرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيهِ

(Alhamdulillaahi hamdan katsiiron thoyyiban mubaarokan fiih)

Artinya: Segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, baik dan penuh berkah.

Doa iftitah ini diriwayatkan oleh Imam Muslim. Syaikh Nashiruddin Al Albani mencantumkannya sebagai doa iftitah kedelapan dalam Sifat Shalat Nabi. Di antara keutamannya, 12 malaikat berebut mencatat.

Kisahya sebagaimana Anas tuturkan dalam riwayat Imam Muslim. Bahwa seorang laki-laki datang dan masuk shaff shalat sementara nafasnya masih terengah-engah. Lalu laki-laki itu mengucapkan; “Alhamdulillaahi hamdan katsiiron thoyyiban mubaarokan fiih.”

Seusai shalat, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bertanya: “Siapakah diantara kalian yang mengucapkan kalimat tadi?”

Para sahabat terdiam. Beliau mengulangi pertanyaannya; “Siapakah yang mengucapkan kalimat tadi, karena hal itu tidak masalah baginya.”

Lantas laki-laki itu menjawab; “Saya tadi datang, sementara nafasku masih ternegah-engah, maka kuucapkan kalimat itu.”

Beliau bersabda: “Tadi aku melihat dua belas malaikat berebut mengangkat ucapan itu.”

Baca juga: 5 Hal yang Membatalkan Wudhu

Bersegeranya para malaikat untuk mencatat doa ini, bahkan berebut dan beradu cepat, menunjukkan betapa mulianya doa iftitah tersebut. Betapa agung kandungan maknanya dan betapa istimewa kedudukannya di hadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Meskipun bacaannya sangat pendek.

Maka bagi yang kesulitan menghafal doa iftitah yang panjang, bisa membaca doa iftitah pendek ini dalam sholatnya. Adapun yang ingin membaca doa iftitah lain yang lebih panjang maupun yang paling shahih karena ada dalam Shahih Bukhari dan Shahih Muslim, silakan baca selengkapnya di Doa Iftitah. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/Tarbawia]

 

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search