Rumah konsep pesanstren

ARM HA-IPB Ikuti Latgab CORE Water Rescue

- Oktober 30, 2022



Aksi Relawan Mandiri Himpunan Alumni IPB (ARM- HA IPB) mengirimkan dua personelnya mengikuti Latihan Gabungan (Latgab) CORE (Communication & Rescue) Water Rescue yang digelar ORARI (Organisasi Amatir Radio Indonesia ) lokal Kabupaten Bogor, di Situ Cikaret, Cibinong, Bogor selama dua hari, 29 - 30 Oktober 2022.


Staf Ahli Bupati bidang PPHK, Drs. Makmur, M.Si, membuka secara resmi latgab yang diikuti 100 peserta dari 42 organisasi sosial dan kemanusiaan. 


Materi Latgab mencakup teori dan praktik, dimulai dengan pendirian tenda peleton yang dipandu Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD.


Setelah itu, Tony Dumalang dari Global Rescue menyampaikan materi prosedur keselamatan dalam penanganan kecelakaan di air. Selanjutnya ORARI Bogor memaparkan pentingnya navigasi dalam

operasi SAR & Kebencanaan,serta tata cara berkomunikasi dalam keadaan darurat. Sedangkan materi penanganan pada gigitan 

ular berbisa dan reptil di alam bebas diberikan oleh Irully ilham dari Sahabat Reptil Indonesia.


Tak ketinggalan, peserta belajar tentang pertolongan pertama pada 

kecelakaan di air. Sementara Basarnas DKI menyampaikan topik Manajemen Operasi SAR.


Bagi dua perwakilan ARM - HA IPB, Dedy Lesmana dan M. Shalahuddin Yusuf, latihan gabungan ini memberikan pengetahuan baru bagi mereka dalam operasi SAR, keterampilan, peralatan, dan alat perlengkapan diri (APD) yang dibutuhkan.


"Pelatihan ini sangat berguna untuk meningkatkan keterampilan bidang SAR serta mengasah respon tanggap darurat penyelamatan korban di air bagi relawan ARM HA-IPB," kata Dedy Lesmana.


****


_Info lebih lanjut hubungi:_


Agus Rusli

Sekretaris Jenderal

ARM HA-IPB

No. Telp. +62 812-1084-366


Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search